Begini Cara Mudah dan Alami Mengatasi Biduran dengan Menggunakan Air Kelapa!

Pernah mengalami biduran yang gatal hingga muncul bentol bentol pada kulit? Biduran atau urtikaria adalah gangguan kulit berupa benjolan-benjolan kemerahan yang tumbuh berkelompok dan rasanya sangat gatal.


Biduran bisa berlangsung dari hanya beberapa menit sampai beberapa hari, Meskipun tidak meninggalkan bekas apapun namun tetap saja reaksinya sangat mengganggu apalagi jika gatal gatalnya datang saat kita sedang beraktifitas. Meski begitu, biduran dapat tetap memiliki potensi bahaya bila menyebabkan lidah atau tenggorokan menyumbat jalannya udara.

Sebab hal itu dapat sehingga menyebabkan hilangnya kesadaran.

Sebagian besar reaksi terbatas pada gatal-gatal, bekas merah pada kulit, dan bentol-bentol, reaksi yang lebih parah berupa syok anafilaksis, atau bahkan pembengkakan tenggorokan dan lidah hingga membuatnya sulit bernapas.

Pada orang dengan kondisi biduran dingin, maka reaksi yang terjadi umumnya adalah gatal, kemerahan pada kulit yang terkena dingin, pembengkakan tangan saat memegang benda dingin, dan pembengkakan bibir saat minum minuman dingin atau makan makanan dingin.

Penyebab kemunculannya sendiri diakibatkan alergi.

Entah itu terhadap bahan makanan, bulu binatang, racun serangga, udara dingin atau panas, obat atau adanya masalah emosional. Untuk mencegah terjadinya biduran, usahakan mencari penyebab alergi dan perhatikan bahan apa saja yang baru disentuh, dimakan, atau diisap ketika mulai terserang biduran.

Bila ingin mencoba obat tradisional, minum 3 hari berturut-turut air kelapa hijau yang dicampur dengan sedikit madu.

Bisa juga minum seduhan campuran 2 sendok tes adas (Foeniculum vulgare, Mill), 7 cm rimpang kunyit (Curcuma domestica, Val.), dan 2 butir bawang merah (Alium cepa, L.).

Semua bahan setelah dicuci bersih, dilumatkan, lalu diseduh dengan 1½ gelas air. Saring. Setelah agak dingin minum ramuan ini 3x sehari @ ½ gelas, selama beberapa hari.

Selain itu Anda juga bisa mencoba untuk konsumsi air kelapa.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit dan ion yang dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh manusia.

Sehingga berbagai macam bentuk racun-racun yang berada di dalam tubuh yang disinyalir sebagai penyebab infeksi penyakit bisa keluar dari tubuh dengan cepat.

Untuk itu rajinlah mengkonsumsi air kelapa yang menyegarkan Maka biduran akan hilang dengan sendirinya.

Bila biduran muncul terus-menerus selama beberapa hari atau disertai kepala rasa ringan atau kesulitan bernapas, segera ke dokter!

Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin. Sedangkan untuk kasus yang lebih hebat, dokter akan memberikan suntikan adrenalin (epinephrin).

Kadang dokter memberi resep obat kortikosteroid.

Untuk mengetahui alergen penyebab alergi, dokter akan melakukan tes kulit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel