25 Penyebab Bruntusan di Wajah yang Sangat Mengganggu dan Cara Mengatasinya

Penyebab bruntusan di wajah yang mengganggu jerawat tunggal telah membuat kita tidak merasa nyaman, terutama jika jerawat tumbuh sekaligus dan ukurannya kecil? Jerawat jenis ini sering muncul di daerah wajah, seperti hidung, dahi, dan dagu sehingga membuat wajah tumpul. Mengapa banyak jerawat kecil menyebar di wajah?

Apa itu Bruntusan?

Bruntusan adalah salah satu masalah kulit wajah selain jerawat, komedo, flek hitam, dan kerutan wajah. Bruntusan adalah suatu kondisi di mana ada bintik-bintik kemerahan kecil di sekitar area wajah. Bruntusan tidak hanya mengurangi estetika wajah, tetapi juga menyebabkan rasa gatal dan nyeri saat berkeringat, yang kemudian berpotensi mengalami iritasi karena garukan.

Penyebab Bruntusan pada wajah sangat mengganggu

Kulit yang rusak, kulit wajah dan kulit pada bagian tubuh lain, disebabkan oleh sesuatu pada halaman di bawah ini.

1. Timbulnya Komedo

Kehadiran komedo terbuka dan komedo tertutup pada kulit menyebabkan permukaan kulit tidak rata. Komedo disebabkan oleh kebersihan yang buruk, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, sering terpapar polusi udara, dll.

2. Timbulnya Jerawat

Gejala jerawat bervariasi, mulai dari adanya papula (bintik kemerahan pada kulit), pustula (bintik putih penuh dengan nanah), dan nodul (benjolan kemerahan, disertai dengan peradangan dan rasa sakit). Karena wajah berminyak, banyak sel kulit mati menyumbat pori-pori dan bakteri penyebab jerawat (P.Acne) dalam jumlah besar.

3. Timbulnya Milia

Milia adalah bintik putih kecil pada kulit, terutama kulit wajah. Milia disebabkan oleh kulit keratin yang terperangkap dalam focicles rambut dan kelenjar minyak pada kulit. Bisa pada bayi, anak kecil dan dewasa. Tidak berbahaya. Biasanya tidak ada gejala, tidak ada gatal. Bisa menghilang dengan sendirinya.

4. Timbulnya Kutil Kulit

Kutil kulit, juga disebut veruka, disebabkan oleh virus papiloma manusia. Menyebabkan bintik-bintik kecil pada kulit. Dapat diwarnai seperti kulit, coklat atau kehitaman.

5. Timbulnya Eksim

Eksim ditandai dengan ruam kemerahan yang menyebabkan stroke pada kulit. Ada beberapa jenis eksim, paling sering eksim atopik, eksim seborheik, kontak eksim dengan paparan alergen. Eksim juga disertai kulit bersisik dan gatal.

6. Timbulnya Folliculitis

Folliculitis adalah peradangan pada folikel rambut, biasanya di area kulit berbulu seperti wajah, jenggot, ketiak dan area genital. Sering dipicu karena bercukur. Ini adalah bentuk bintik-bintik kemerahan pada kulit yang menyebabkan kulit seperti setetes.

7. Keratosis Pilaris

Keratosis pilaris atau kulit ayam adalah penyakit yang umum. Dapat menjadi tanda kulit sensitif dan berhubungan dengan eksim atopik. Bisa pada anak-anak atau orang dewasa. Gejala KP adalah bintik-bintik berwarna seperti kulit, dalam beberapa kasus dapat meradang dan berwarna kemerahan. Bintik-bintik ini sering dikelompokkan dan memberikan sensasi sentuhan kasar seperti kulit ayam.

Penyumbatan pada pori-pori kulit yang menjadi cikal bakal jerawat dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti berikut:


1. Perumahan Hormon

Perubahan hormon. Faktor ini umumnya menjadi pemicu tumbuhnya jerawat di wajah. Perubahan hormon terjadi ketika memasuki masa pubertas, menstruasi, selama kehamilan, hingga berhenti minum pil KB.

2. Kelebihan Minyak

Kelebihan minyak di wajah. Produksi minyak berlebih dapat menyebabkan pori-pori wajah menyumbat.

3. Penggunaan Kosmetik atau Perawatan Kulit Wajah

Penggunaan kosmetik atau perawatan kulit wajah. Bahan kimia tertentu dapat menyebabkan noda pada wajah karena tidak cocok dengan kulit Anda atau karena Anda memiliki jenis kulit wajah yang sensitif.

4. Adanya Bakteri

Adanya bakteri. Pori-pori kulit yang tersumbat akan membuat sel-sel kulit mati dan bakteri tidak menumpuk di dalamnya, seperti bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes).

Bisakah Bruntusan Jerawat Diatasi?

Penting untuk secara rutin melakukan perawatan diri dan wajah yang tepat untuk menghilangkan bintik-bintik kecil pada wajah. Mulai dari rajin mencuci wajah dua kali sehari, hindari menyentuh atau meremas area rawan jerawat secara langsung, dan memilih produk perawatan kulit dengan informasi bebas minyak, bebas komedo, atau tidak menyumbat pori-pori.

Usahakan untuk selalu memeriksa komposisi bahan yang terkandung dalam produk kosmetik atau perawatan kulit yang Anda gunakan. Akhirnya, jangan lupa atau malas menghabiskan waktu untuk melepas make up sebelum pergi tidur.

Siapa yang tidak ingin memiliki wajah yang bersih dan terawat? Khusus untuk Anda wanita, kebersihan wajah sangat penting karena dapat memengaruhi penampilan secara signifikan. Namun, ada masalah yang mengganggu wajah, seperti jerawat, bintik-bintik, dan yang akan dibahas, yaitu bruntusan. Apa dan bagaimana menghilangkan noda wajah?

Berikut adalah beberapa tips atau cara untuk menghilangkan bruntusan wajah yang bisa Anda coba di rumah.


1. Deep Cleansing

Cara pertama untuk menghilangkan bruntusan adalah dengan melakukan pembersihan mendalam pada wajah Anda. Metode pembersihan yang dalam ini dimaksudkan untuk membuat wajah bersih ke pori-pori. Karena itu, gunakan alat seperti kuas atau spons saat membersihkan wajah Anda dengan sabun muka.

2. Pembersihan Ganda

Bruntusan juga dapat diatasi dengan menerapkan metode pembersihan wajah dengan pembersihan ganda. Cara menghilangkan bruntusan yang satu ini dilakukan dengan membersihkan wajah Anda dua kali. Pertama, bersihkan wajah menggunakan pembersih berbasis minyak atau berbasis air. Setelah itu, basuh wajah Anda kembali menggunakan penutup wajah yang sesuai dengan kulit Anda.

3. Pengelupasan

Menghilangkan beban tidak cukup hanya dengan membersihkan wajah dengan sabun. Lebih dari itu, Anda juga perlu melakukan pengelupasan kulit, yang merupakan pengangkatan sel-sel kulit mati dan kelebihan minyak yang menjadi pemicu bagi terjangan.

Gunakan produk pengelupasan yang mengandung asam salisilat yang memiliki efektivitas tinggi dalam mengangkat sel kulit mati, mengatasi kelebihan minyak, karena minyak larutnya dapat menembus pori-pori wajah. Pengelupasan ini dapat dilakukan minimal 1 (kali) seminggu. Untuk hasil maksimal, ternyata bagi Anda yang memiliki kulit berminyak, pengelupasan kulit sebaiknya dilakukan lebih dari sekali seminggu.

4. Pakai Toner

Salah satu penyebab bruntusan adalah aktivitas pembersihan yang tidak sempurna. Karena itu, gunakan toner untuk membersihkan sisa riasan di wajah. Selain wajah belakang yang bersih, toner yang efektif membantu mengontrol kadar pH wajah.

5. Serum Wajah

Menggunakan serum wajah secara aktif juga menjadi cara untuk menghilangkan noda pada wajah, dan mencegah wajah dari bruntusan. Kandungan serum wajah membuat kulit wajah lebih ramah dengan niacinamide, benzoyl, atau peroksida, yang merupakan tiga bahan kimia yang memicu terjadinya cacat pada wajah.

6. Pelembab

Kulit berminyak adalah salah satu pemicu cacat wajah. Karena itu, cara menghilangkan noda pada wajah karena kulit berminyak adalah dengan menggunakan pelembab wajah khusus untuk wajah. Pelembab berfungsi untuk melembabkan kulit sehingga kulit tidak perlu bekerja ekstra, yang dapat menyebabkan noda pada wajah.

7. Masker Wajah

Mengenakan masker wajah yang terbuat dari berbagai bahan alami seperti lidah buaya, daun teh, dan madu juga dipercaya sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan noda wajah. Kenakan masker wajah Anda secara teratur, seperti ketika Anda ingin tidur di malam hari, hingga nanti hasilnya terlihat. Setelah bebannya hilang, adalah ide yang baik untuk tetap menggunakan masker untuk mencegah jerawat kembali lagi nanti.

8. Mengurangi penggunaan riasan

Riasan penting untuk mendukung penampilan. Namun, suka atau tidak, makeup adalah penyebab cacat. Karena itu, cara menghilangkan noda yang juga harus Anda lakukan adalah mengurangi penggunaan makeup.

9. Konsisten dengan Produk Wajah

Banyaknya produk kecantikan wajah, mulai dari produk make up hingga perawatan kulit, seringkali membuat Anda tergoda untuk mencoba berbagai produk ini. Padahal, belum tentu semua produk wajah cocok dengan kulit.

Akibat ketidakcocokan ini, timbul masalah di wajah, salah satunya adalah bruntusan. Karena itu, ada baiknya untuk konsisten dengan produk kecantikan wajah yang sudah 'aman' dengan kulit Anda untuk menjadi cara menghilangkan bruntus, serta mencegah wajah dari kehancuran.

10. Gunakan Perawatan Kulit Secara Berurutan

Menggunakan beragam produk perawatan kulit juga tidak boleh gegabah, dalam arti penggunaannya harus berurutan. Misalnya, Anda menggunakan pelembab dan serum wajah. Idealnya, gunakan serum terlebih dahulu sebelum pelembab. Sifat molekuler pelembab yang lebih besar dari serum akan menghalangi molekul serum dari meresap ke dalam pori-pori wajah jika serum digunakan setelah pelembab.

Cara Alami untuk Menghilangkan Bruntusan

Selain metode di atas, cara menghilangkan bruntusan pada wajah bisa menggunakan sejumlah bahan alami.

1. Madu

Madu telah lama diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit kusam dan jerawat. Nah, manfaat madu untuk wajah juga termasuk membersihkan beban pada wajah. Cucilah wajah Anda terlebih dahulu, lalu oleskan madu secara merata. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas menggunakan air bersih dan sabun wajah. Lakukan cara menghilangkan bruntus pada wajah ini secara teratur setiap mandi hingga hasilnya terlihat.

2. Teh Hijau

Makan teh hijau tidak hanya melangsingkan tubuh, tetapi juga efektif dalam mengatasi masalah kulit wajah seperti bruntusan. Manfaat teh hijau untuk menghilangkan bruntusan adalah karena teh diperkaya dengan antioksidan yang baik untuk merawat kesehatan kulit.

3. Lemon

Buah ini dengan rasa asam dapat menjadi solusi atau cara untuk menghilangkan kotoran di wajah secara alami. Campur lemon dengan putih telur, lalu oleskan merata di wajah. Diamkan selama 20 menit sampai mengering, dan bilas wajah Anda sampai bersih.

4. Tomat

Tomat juga diklaim efektif untuk menghilangkan noda wajah secara alami. Cara menghilangkan noda pada wajah dengan tomat sangat mudah. Anda cukup merapikan tomat menggunakan blender hingga halus, lalu jadikan tomat yang sudah halus sebagai masker wajah. Atau, Anda cukup memotong tomat dan meratakan bagian dalam tomat pada wajah secara merata. Diamkan 10-15 menit, lalu bilas wajah Anda dengan air bersih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel