8 Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Pipi Kalau ada Masalah Kulit

Hai sobat pasti anda mengalami banyak masalah yang bisa terjadi pada wajah, misalnya: jerawat, bekas jerawat, wajah kusam, kulit wajah bersisik, minyak berlebih, dan lainnya. Salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak orang adalah komedo.

Komedo terkadang membuat orang merasa tidak nyaman. Komedo di wajah, meski sepele bisa membuat orang menjadi tidak aman. Komedo adalah benjolan kecil (papula) yang ditemukan di permukaan kulit. Anda perlu tahu bahwa komedo termasuk dalam jenis jerawat, tetapi jenis yang ringan.

Selain berada di wajah, komedo juga bisa muncul di pundak, punggung, lengan, leher, dan dada. Penyebab komedo adalah karena sel-sel kulit mati dan minyak dikumpulkan di ujung luar folikel rambut. Komedo tampak hitam karena kulit di atas komedo terbuka dan terkena udara. Untuk mengatasi semacam itu bisa anda mencoba beberapa bahan alami yang ada di bawah halaman ini!

Air Hangat

Menggunakan air hangat untuk pera akan dapat membuka pori-pori kulit Anda, sehingga kotoran yang menumpuk di kulit akan keluar dengan sendirinya.

Caranya: 

1. Masak air dan masukkan ke dalam wadah
2. Lalu hadapi wajah di wadah
3. Biarkan uap panas membuka pori-pori Anda

Pasta Gigi

Secara umum, pasta gigi mengandung fluoride dan mineral. Kedua senyawa ini dapat digunakan sebagai cara untuk menghaluskan wajah yang kasar karena banyak komedo di wajah. Tetapi memang benar bahwa pasta gigi adalah produk dari pabrik yang menggunakan bahan kimia dan juga tidak alami. Karena itu, sebaiknya pilih pasta gigi yang menggunakan bahan herbal.

Cara memakainya sebagai berikut: 

1. Oleskan pasta gigi secara merata pada wajah
2. Diamkan selama 15 menit
3. Bilas dengan air bersih

Tepung Terigu

Anda bisa menggunakan tepung terigu sebagai masker untuk membersihkan komedo di wajah. Karena cara seperti  ini yang banyak di gunakan para wanita dulu sebelum munculnya beberapa produk.

Caranya sebagai berikut:

1. Buat pasta dari tepung terigu
2. Berlaku untuk area komedo
3. Diamkan selama 15 menit atau sampai kering
4. Bilas dengan air hangat

Lulur Kopi dan Gula

Kopi biasa digunakan sebagai minuman, sedangkan gula digunakan sebagai rasa manis, tetapi ternyata bahan-bahan gabungan dapat digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan kulit mati pada wajah sehingga wajah menjadi halus, bersih dan bebas dari komedo.

Caranya sebagai berikut:

1. Buat pasta dari 2 sendok makan bubuk kopi yang dilarutkan dengan air
2. Tambahkan 1 sendok makan gula
3. Sebelum mengoleskan scrub ke wajah, jangan lupa membersihkan wajah Anda terlebih dahulu
4. Gosok scrub secara merata pada wajah
5. Lakukan penggosokan wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat dengan sempurna

Garam

Menurut ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa muatan). Secara umum, garam digunakan untuk menambah rasa asin pada makanan, tetapi juga dapat digunakan sebagai cara untuk menghilangkan komedo.

Caranya sebagai berikut:

Siapkan air panas dalam wadah
Larutkan garam dalam air panas
Biarkan wajah menabrak dengan uap yang dihasilkan oleh air panas

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan anti-oksidan. Zat ini akan membuat kulit tidak berjerawat, mengatasi minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati, dan mencerahkan wajah. Karena kemampuannya untuk mengangkat sel kulit mati, jeruk nipis diyakini bermanfaat sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Caranya sebagai berikut:

1. Peras buah jeruk nipis
2. Oleskan jus pada area wajah hitam
3. Diamkan selama 15 menit

Kulit Jeruk

Jika dibandingkan dengan daging buahnya, ternyata kulit jeruk mengandung lebih banyak vitamin C. Jadi jika Anda makan jeruk, jangan membuang kulitnya. Kulit jeruk dapat digunakan sebagai masker wajah yang dapat digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya sebagai beriku:

1. Keringkan kulit jeruk sampai benar-benar kering
2. Hancurkan kulit jeruk sampai halus
3. Campur dengan air untuk membentuk pasta
4. Oleskan ke area komedo yang sebelumnya dibersihkan
5. Diamkan selama 30 menit
6. Bilas dengan air hangat

Kandungan anti-oksidan dalam kulit jeruk akan membantu kulit memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membersihkan pori-pori.

Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu regenerasi kulit. Kandungan Vitamin E, A dan C berfungsi sebagai anti oksidan yang dapat membantu menyehatkan dan melembabkan
Caranya sangat gampang tinggal anda ambil buah pepaya lalu oleskan kewajah anda dan diamkan beberapa menit lalu bersihkan dengan air

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel