Tanda Gejala Gagal Ginjal

Penyebab tanda gejala ciri penyakit gagal ginjal perlu diketahui dalam rangka pencegahan penyakit ginjal yang banyak terjadi dewasa ini.

Penyakit gagal ginjal terbagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Untuk itulah pentingnya mengenal akan hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan ginjal dan cara pencegahan penyakit gagal ginjal perlu untuk diketahui.

Tanda Gejala Gagal Ginjal

Manfaat fungsi ginjal bagi tubuh adalah bekerja dengan kompleks yaitu menjaga kadar air dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dengan menjaganya tetap dalam keadaan seimbang.

Dan juga berfungsi sebagai alat penyaring atau pencuci darah dan juga sebagai pembuang zat-zat yang tidak berguna (fungsi sekresi) dan juga ginjal bertugas menjaga keseimbangan air, keasaman darah dan juga elektrolit dalam tubuh kita.

Ketika ginjal menjadi rusak oleh penyakit, organ-organ lain di tubuh kita juga akan turut terpengaruh juga. Kurangnya kesadaran masyarakat akan penyakit ginjal, menyebabkan penyakit ini sering terabaikan.

Organ ginjal ini terletak tepat di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang dan memiliki fungsi yang paling penting bagi tubuh seperti membersihkan racun yang masuk ke tubuh.

Tugas ginjal untuk menyaring racun, urea dan garam berlebih dalam tubuh. Racun ini dikeluarkan melalui urin. Selain itu, ginjal juga berperan dalam pengaturan tekanan darah, sel darah merah dan asam dalam tubuh.

Gagal Ginjal


Gagal ginjal adalah penyakit kronis di mana ginjal mengalami kerusakan secara progresif selama periode tertentu, sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara optimal untuk melakukan berbagai macam fungsi yang penting.

Sejumlah individu percaya bahwa gagal ginjal selalu dikaitkan dengan sakit punggung. Padahal, sejumlah penderita ginjal kronis tidak memiliki gejala apa pun, terutama pada tahap awal penyakit ini.

Dr. Roger Tan selaku Spesialis Ginjal dari Gleneagles Hospital, Singapura mengatakan Banyak yang tidak menyadari, dan mungkin merasa kondisi ginjal mereka dalam keadaan baik-baik saja, dan kemudian baru ketahuan menghadapi penyakit ginjal ketika berada pada tahap akhir.

Bahkan ketika pasien merasakan sejumlah gejala, lanjut Roger Tan, biasanya gejala tersebut kurang jelas dan tidak spesifik seperti dilansir dari Liputan6.

Penyakit gagal ginjal kronis adalah merupakan penyakit yang disebabkan oleh karena hilangnya fungsi ginjal yang terjadi secara bertahap. Ketika hal tersebut terjadi maka cairan, elektrolit, dan kotoran akan bercampur di dalam darah.

Sedangkan penyakit gagal ginjal yang lain yaitu gagal ginjal akut, merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh hilangnya kemampuan ginjal untuk menyaring darah secara tiba-tiba.

Ciri-Ciri Tanda Penyakit Gagal Ginjal


Dengan kita bisa mengenali akan ciri-ciri tanda penyakit gagal ginjal sejak dini dan juga tanda-tanda peringatan potensi adanya gagal ginjal dan mencari pengobatan dini, maka hal tersebut bermanfaat antara lain pasien mungkin dapat menghindari konsekuensi dari penyakit yang telah menelan korban jiwa sebanyak 30.013 jiwa.

Ketika pasien merasakan sejumlah gejala, lanjut Roger Tan, biasanya gejala tersebut kurang jelas dan tidak spesifik.

"Kelelahan merupakan gejala yang paling umum. Gejala yang kurang spesifik lainnya termasuk konsentrasi menurun, kehilangan nafsu makan, mual, badan gatal, kaki bengkak, buang air kecil menurun dan urin berbusa," kata Roger Tan selanjutnya.

Berikut diantara gejala-gejala gagal ginjal seperti informasi yang dilansir dari laman Inminutes antara lain adalah sebagai berikut :

Urine Berbusa

Jika ada busa berlebih dalam urine yang membuat Anda perlu menyiram lebih dari satu kali ketika berkemih, kemungkinan ginjal Anda bermasalah. Busa dalam urine mengindikasikan protein dalam jumlah besar yang turun bersama urine. Bentuk busanya menyerupai busa telur yang dikocok.

Darah Dalam Urine

Ginjal yang sehat tak akan membiarkan ada sel darah yang bocor ketika proses penyaringan darah. Sebaliknya, pada ginjal yang rusak atau mengalami gangguan, beberapa sel darah bisa bocor ke dalam urine. Munculnya darah dalam urine juga bisa menandai adanya tumor, batu ginjal, atau infeksi kandung kemih.

Kram Otot

Kram otot sekitar pinggang yang terus-menerus juga bisa menjadi indikator fungsi ginjal yang tak sempurna. Kurangnya kalsium atau fosfor juga bisa menyebabkan kram.

Beser Atau Sering Berkemih

Jika Anda jadi lebih sering berkemih dan terutama terjadi di malam hari, ini bisa jadi tanda gangguan ginjal. Ketika penyaring dalam ginjal rusak, keinginan untuk buang air kecil pun meningkat. Keinginan pipis yang semakin sering juga bisa menjadi indikator pembesaran prostat atau infeksi kandung kemih.

Jika ginjal tidak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun. Untuk menjaga ginjal dengan baik maka tips kiat cara untuk menjaga ginjal tetap sehat perlu juga diketahui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel