Formasi CPNS 2016 Untuk Tenaga Kesehatan Dan Guru

Formasi lowongan penerimaan pendaftaran cpns tahun 2016 tetap dibuka tetapi untuk formasi terbatas dan tertentu saja. Moratorium penerimaan cpns 2015 yang diperpanjang menjadi tahun 2016 KemenpanRB tidak untuk segala formasi.

Moratorium CPNS 2016 maksud dan tujuan alasan kebijakan moratorium ini adalah bahwa bukan berarti tidak menerima pegawai baru sama sekali. Koridornya masih di moratorium terbatas dan jumlah yang diangkatkan pun sangat sedikit karena hanya menggantikan yang pensiun saja.

Formasi CPNS 2016 Untuk Tenaga Kesehatan Dan Guru

Demikian dikatakan oleh Bambang Dayanto Sumarsono selaku Asdep Koordinasi Kebijakan, Penyusunan, Evaluasi Program dan Pembinaan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) seperti dilansir dari jpnn dengan judul pemberitaan informasi update tentang daftar formasi cpns 2016

Baca juga informasi mengenai kebijakan terkait dengan moratorium penerimaan CPNS tidak berlaku untuk tenaga kesehatan baik tenaga honorer K2 Kesehatan dan juga di tenaga pendidikan guru termasuk guru honorer seperti yang disampaikan secara resmi oleh Yuddy Chrisnandi selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan ‎Reformasi Birokrasi (Menpan-RB).

Baca informasi tersebut pada pemberitaan berikut ini : Moratorium Penerimaan CPNS Tidak Berlaku Untuk Formasi Guru Dan Tenaga Kesehatan Medis.

Lowongan formasi pendaftaran cpns tahun 2016 nantinya akan terdiri dari tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan penegak hukum. Adapun formasi lowongan cpns tenaga kesehatan terdiri dari bidan PTT, dokter PTT, perawat, radiografer,ahli gizi,fisioterapi, apoteker dan tenaga kesehatan lainnya. Kuota lowongan formasi cpns yang disiapkan sekitar 42 ribu.

"Untuk tenaga kesehatan bidan PTT dan dokter PTT, Kemenkes harus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten Kota pemda," ujarnya.

Formasi tenaga pendidik diprioritaskan untuk guru 3T (terluar, terdepan, tertinggal). Jumlahnya, sekitar 3.000-an. Formasi tenaga penegak hukum sekitar 1.000-an.

"Guru 3T akan diprioritaskan. Berapapun yang diajukan Kemdikbud untuk 3T akan diberikan karena ini mendukung program Presiden Jokowi," ujarnya.

Selain tiga formasi tersebut, pemerintah juga mengalokasikan untuk lulusan sekolah ikatan dinas sekitar 5.000-an. Sekolah ikatan dinas ini, antara lain, Sekolah Tinggi Sandi Negara milik Lemsaneg, Sekolah Tinggi Intelegen (BIN), Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (BPS), serta sekolah untuk penjaga sipir/lapas dan imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM).

‎Selain itu, ada juga sekolah D2 dan D3 Perpajakan milik Kementerian Keuangan, sekolah pengamat gunung berapi (BMKG), dan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) (Kemendagri).

Tahun 2016, sekitar 100 ribuan PNS akan masu‎k masa pensiun. Karena itu, untuk menggantikan jabatan yang ditinggalkan, harus ada pegawai baru. Ini menjadi peluang emas bagi masyarakat yang tertarik menjadi CPNS.

"Kuotanya tidak akan lebih dari 100 ribu, ini agar tidak ada penambahan anggaran gaji pegawai di postur APBN" tandas Bambang Dayanto Sumarsono.

Sumber : jpnn.com.

Bila memang begitu informasi yang didapat dan diperoleh dari sumber jpnn tersebut diatas, maka informasi pemberitaan terkait dengan pembatalan pengangkatan honorer K2 tahun 2016 juga menjadi simpang siur.

Karena pada pemberitaan sebelumnya juga disebutkan dan diinformasikan bahwasannya untuk tenaga honorer k2 kesehatan baik itu guru honorer k2, bidan PTT, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya batal ditunda diangkat menjadi cpns tahun 2016 karena anggaran tidak ada.

Baca pada informasi berikut ini : Permasalahan Nasib Honorer K2 Batal Diangkat CPNS Tahun 2016.

Bila memang hanya beberapa formasi cpns yang akan dibuka di tahun 2016 nantinya seperti tersebut diatas, maka kemungkinan beberapa kementrian juga akan membuka lowongan formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil pula nantinya.

Dari daftar tenaga teknis tersebut diatas maka berikut kemungkinan daftar kementrian yang membuka lowongan cpns tahun 2016 dan juga daftar lembaga negara dan lembaga negara non departemen yang membuka lowongan seleksi CPNS di tahun 2016 antara lain :
  1. Pendaftaran CPNS Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2016.
  2. Pendaftaran CPNS Kementrian Kesehatan (Kemenkes) 2016.
  3. Pendaftaran CPNS Kementrian Hukum Dan HAM (Kemenkumham) 2016.
  4. Pendaftaran CPNS Kementrian Keuangan (Kemenkeu) 2016.
  5. Pendaftaran CPNS Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) 2016.
  6. Pendaftaran CPNS Badan Intelijen Negara (BIN) 2016.
  7. Pendaftaran CPNS Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) 2016.
  8. Pendaftaran CPNS Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) 2016.
  9. Pendaftaran CPNS Badan Pusat Statistik (BPS) 2016.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel