Manfaat Dan Cara Suami Memuji Istri

Tujuan manfaat memberikan pujian kepada istri adalah tidak sedikit jumlahnya. Karena memang satu hal yang sering dilupakan dalam kehidupan rumah tangga suami istri saling memuji satu dengan yang lainnya.

Memberikan pujian dari suami kepada istri adalah merupakan salah satu tanda dari baiknya suami kepada istri. Apalagi memang tugas kewajiban seorang istri dalam sebuah rumah tangga tidaklah sedikit jumlahnya. Dimulai dari bangun tidur sampai dengan menjelang tidur di malam harinya.

Perjuangan istri di rumah tidaklah mudah dan berat. Seperti tugas kewajiban istri dalam mendidik anak di rumah, mengurus berbagai macam urusan rumah tangga seperti halnya memasak, mencuci sampai dengan memperhatikan dan melayani kebutuhan suami di rumah.

Manfaat Suami Memuji Istri

Pentingnya Pujian Bagi Suami Istri


Sudah semestinya bagi pasangan suami istri untuk saling berterima kasih satu sama lainnya. Dan juga saling memuji kebaikan antara suami dan istri. Karena hal ini akan memupuk dan juga bentuk cara cinta kasih sayang suami pada istri demikian pula sebaliknya.

Secara naluriah, setiap manusia pasti suka di puji. Jika seseorang berbuat kebajikan, namun tidak ada yang menghargai atau memujinya, pasti dia akan tersiksa. Ini artinya, menginginkan pujian adalah manusiawi yang dibutuhkan oleh setiap orang.

Dalam sebuah hadits disebutkan, Siapa yang tidak berterima kasih kepada orang lain, maka dia tidak berterima kasih kepada Allah.

Memuji pada istri adalah juga merupakan salah satu cara kiat untuk melanggengkan ikatan kasih sayang suami istri dalam ikatan suci tali pernikahan.

Teladan contoh cinta Rasulullah kepada istrinya juga banyak digambarkan dan disebutkan di dalam banyak hadist. Karena memang pujian dapat menjadi penyebab mencapai kebahagiaan keluarga, agar keluarga sakinah mawaddah warahmah dalam menggapai cinta kasih sayang diantara keduanya.

Contoh cara memuji istri dan juga contoh bentuk pujian dari suami pada istrinya tidak butuh biaya atau ongkos mahal. Yang dibutuhkan adalah ketulusan dan rasa cinta pada pasangan. Memberi pujian dapat diungkapkan dengan kalimat-kalimat ringan, seperti: “Masakan Sayang hari ini luar biasa, loh!”

Dan ini adalah merupakan salah satu bentuk contoh kebaikan suami kepada istri dan keluarganya, sebagaimana terdapat dalam sebuah hadist yang artinya :
"Sebaik-baik kalian adalah yang berbuat baik kepada keluarganya. Sedangkan aku adalah orang yang paling berbuat baik pada keluargaku” (HR. Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah).

Tips Kiat Memuji Istri


Berikut adalah cara kiat tips dan tujuan serta manfaat memuji istri dalam kehidupan rumah tangga Islami sebagaimana dilansir dari ummi-online.com antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Meluruskan perilaku buruk. Pada umumnya nasihat akan dirasakan sebagai sesuatu yang menyinggung. Namun jika nasihat dihiasi dengan pujian, orang yang mendengarnya akan lebih menerima.
  2. Pujian merupakan pengakuan atas posisi penting orang yang dipuji, penghormatan atas kebaikan dan kepribadiaanya, serta dapat mendorongya untuk mengabdi dan membangun dirinya dan masyarakat.
  3. Pujian yang diberikan seorang suami kepada istri menumbuhkan rasa tenteram pada diri istri, karena suami telah mencintai dan menghargainya.
  4. Pujian diberikan seorang istri kepada suami memberikan pengertian dirinya dibutuhkan, diberi kepercayaan dan dihormati.
  5. Rasulullah menyadari pentingnya pujian dan pengaruhnya terhadap seseorang. Rasulullah sering memberi julukan kepada orang-orang disekitarnya yang berfungsi sebagai dukungan, dorongan, dan menanamkan rasa percaya diri kepada mereka.
Ingatlah bahwa pujian sangat signifikan berpengaruh terhadap perasaan pasangan, khususnya bagi istri yang akan merasa dihargai, dipercayai dan dihormati oleh suaminya.

Pujilah kebaikan kecil yang istri lakukan!

Bangun tidur sudah tersedia makanan? Jangan berpikir bahwa itu adalah kewajiban istri! Anda tidak tahukan betapa banyak istri lainnya yang tidak menyiapkan makanan untuk keluarga karena saking sibuknya. Maka berterimakasih dan pujilah jika istri menyediakan sarapan pagi untuk Anda dan anak-anak di rumah.

Atau, ketika istri menyambut Anda pulang sudah dengan tampilan harum, anak-anak sudah dimandikan, jangan segan-segan memujinya sebagai istri shalihah atau istri dambaan suami, kalau Anda terlalu pelit dan perhitungan serta menganggap sepele kebaikan-kebaikan kecil yang istri lakukan. Percayalah bahwa Anda takkan pernah mendapatkan kebaikan yang lebih dahsyat dari istri.

Tanpa pujian atau perhatian, mungkin yang ada hanya kecenderungan untuk saling mencela dan merendahkan pasangan.

Setiap manusia, meski kepribadian dan tabiatnya jelek, pasti memiliki satu kebaikan atau bahkan lebih, yang harus kita puji dan kita hargai. Barangkali, pujian tersebut dapat menjadi pintu gerbang untuk memperbaiki diri.

Untuk itulah marilah para suami untuk belajar memuji pada istri.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel