Tes CPNS 2016 TKD TKB Menggunakan Sistem CAT

Penerimaan seleksi tes CPNS 2016 menggunakan sistem metoda Computer Assisted Test (CAT) untuk TKD dan juga TKB nya. Hal ini berbeda dengan metoda tes seleksi Tes CPNS tahun 2014 yang menggunakan CAT hanya untuk ujian TKD (Tes Kompetensi Dasar) nya saja.

Hal ini dikemukakan oleh Setiawan Wangsaatmadja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB seperti informasi yang resmi dirilis di laman website www.menpan.go.id ketika menutup Rakor penyusunan soal TKB CPNS di Makassar.

Pengumuman penerimaan pendaftaran CPNS 2016 ini juga bersamaan dan berkaitan dengan Pemerintah terus menggenjot pembahasan pengadaan CPNS tahun 2016. Pembahasan dilakukan menyusul rencana pemerintah merekrut pegawai CPNS baru baik dari pelamar umum maupun honorer kategori dua (K2).

Yang mana pada informasi berikutnya bahwasannya seluruh honorer K2 diangkat menjadi CPNS bertahap dan verifikasi mulai tahun 2016-2019 nantinya

Tes CPNS 2016 TKD TKB Menggunakan Sistem CAT

Metoda Sistem Seleksi Tes CPNS Tahun 2016


Untuk soal-soal tes cpns 2016 nantinya yang bersifat tertulis, diarahkan untuk diintegrasikan untuk kepentingan TKB dengan sistem CAT.

Sementara yang tidak tertulis, seperti wawancara atau performance, PPK wajib membuat pedoman atau panduan pelaksanaan TKB, agar pelaksanaan TKB sesuai dengan tujuan, dan menghindari peluang terjadinya penyimpangan.

Sementara seperti informasi yang dilansir dari jpnn.com disebutkan oleh Sayadi selaku Direktur Pusat Perencanaan Kepegawaian dan Informasi Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan bahwa rekrutmen CPNS 2016 dari pelamar umum menggunakan metode seleksi dengan computer assisted test (CAT), baik untuk tes kompetensi dasar (TKD) maupun tes kompetensi bidang (TKB).

"Pakai CAT semuanya biar objektif nilainya. Kalau sebelumnya cuma TKD, tahun depan TKB juga pakai CAT," tegasnya.

Passing Grade CPNS 2016


Nilai Ambang Batas (Passing Grade) Kelulusan Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan juga TKB (Tes Kompetensi Bidang) tentunya akan menjadi syarat kelulusan cpns di tahun 2016 juga seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Passing grade ambang batas lulus CPNS 2016 adalah standar nilai akumulatif yang dihitung dengan menggunakan metode tertentu sebagai grade (ukuran) secara terstruktur dan serta sistematis dan hasilnya dapat direlevansikan dengan jenjang tingkat pendidikan tertentu dalam rangka seleksi Tes Kemampuan Dasar CAT Tahun 2016 nantinya.

Mengingat pengalaman tahun sebelumnya yaitu tahun 2014 pemerintah menetapkan Passing Grade Tes CAT CPNS mengalami kenaikan juga dari tahun sebelumnya.adalah sebagai berikut :
  1. 72 % dari nilai maksimal (175) Tes Karakteristik Pribadi dengan jumlah soal 35.
  2. 50 % dari nilai maksimal (150) Tes Intelegensia Umum dengan jumlah soal 30.
  3. 40 % dari nilai maksimal (175) Tes Wawasan Kebangsaan dengan jumlah soal 35.
Lalu untuk kepastian berapa pasing grade kelulusan tes cpns tahun 2016 tentunya kita menunggu pengumuman resmi dari BKN.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel