Cara Tips Agar Keluarga Dan Pernikahan Bahagia

Cara kiat membina keluarga bahagia harmonis sakinah mawaddah warahmah dalam sebuah rumah tangga perlu diketahui dengan baik sehingga tujuan pernikahan mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah bisa tercapai.

Cara agar pernikahan perkawinan langgeng dan harmonis dalam mengarungi kehidupan bersama pasangan baik suami dan istri tentunya juga menjadi hal yang menarik untuk dibicarakan karena memang tidaklah mudah menciptakan kehidupan keluarga yang bahagia.

Tujuan manfaat pernikahan adalah sebagaimana tercantum di dalam Al Qur'an yaitu QS Ar Rum: 30: 21 yang artinya :
"Dan di antara tanda-tanda kebesaran-Nya ialah ia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih (mawaddah) dan sayang (rahmah). Sungguh pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kamu yang berfikir.”

Cara Tips Agar Keluarga Dan Pernikahan Bahagia

Kunci Kebahagiaan Keluarga Dunia Akhirat


Kunci cara mendapatkan kebahagiaan perkawinan salah satunya adalah dengan menyadari dan memahami akan makna hakekat tujuan dalam perkawinan menikah adalah dalam rangka mencari dan mencapai Keridhoan Allah Ta'ala dan menjalankan sunnah Rasulullah SAW dengan menikah.

Menjadi point penting adalah bahwa untuk menanamkan niatan yang benar ketika akan menikah dan membentuk keluarga bahwa dasar pembentukan keluarga dalam bentuk pernikahan yang syah dan benar baik dalam agama maupun aturan negara ialah rumah tangga yang dibina atas landasan taqwa, berpandukan kepada Al-Quran dan Sunnah dan bukan semata-mata atas dasar cinta.

Berikut ini beberapa cara membina keluarga bahagia harmonis menurut Islam antara lain adalah sebagai berikut :

Menjalankan Amanah Perkawinan

Perjalanan sebuah kehidupan rumah tangga adalah diawali dengan pernikahan. Dan dalam hal ini maka menjaga amanah Allah SWT dalam bentuk perkawinan dan ini memang tidak mudah, banyak sekali orang yang gagal mempertahankannya.

Karena setan terus saja menggoda pasangan suami istri untuk terjerumus kedalam lembah yang hina dina, yang ujung-ujungnya perceraian.

Menjaga amanah berupa buah hati anak dari hasil pernikahan adalah juga sebagai bentuk tanggung jawab dalam sebuah keluarga baik sebagai seorang ayah maupun seorang ibu. Untuk itu penting juga nantinya menjalankan Cara Tips Mendidik Anak Dalam Islam yang perlu diperhatikan oleh para orang tua.

Menciptakan Kasih Sayang Antara Suami Istri

Sesungguhnya hakekat kehidupan keluarga yang sakinah adalah suatu kehidupan yang dilandasi mawaddah warohmah (cinta dan kasih sayang) dari Allah subhanahu wata’ala Pencipta alam semesta ini. Yakni sebuah kehidupan yang diridoi Allah.

Yang mana para pelakunya / orang yang menjalani kehidupan tersebut senantiasa berusaha dan mencari keridhoan Allah dan rasulNya, dengan cara melakukan setiap apa yang diperintahkan dan meninggalkan segala apa yang dilarang oleh Allah dan rasulNya.

Dengan mawaddah yaitu kasih sayang untuk memenuhi syahwat, suami isteri akan melahirkan dan mengembangkan keturunan manusia. Selanjutnya timbul rahmah, yaitu rasa kasih sayang murni yang tumbuh dari jiwa yang paling dalam.

Sehingga suami isteri merasakan kebahagiaan yang tidak bertepi dan ketenangan yang tidak berbatas, dan mereka ingin mengisi hari-hari dengan beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah.

Keluarga dan pernikahan tanpa adanya kasih dan sayang, maka sebuah kehidupan keluarga tidak akan dapat hidup dengan tenang, nyaman dan aman.

Dua hal tersebut adalah merupakan pilar penting yang diperlukan karena dengan adanya dua pilar ini kehidupan berumah tangga akan mencapai titik bahagia, saling menghormati, saling mempercayai dan saling tolong-menolong dalam kebaikan.

Sebaliknya tanpa kasih sayang, sebuah ikatan pernikahan akan hancur dan jauh dari kebahagiaan.

Kunci Kebahagiaan Keluarga Dunia Akhirat

Menjalankan Hak dan Kewajiban Suami Istri Dengan Baik

Dalam Islam telah banyak diajarkan bagaimana hak dan kewajiban baik istri maupun suami. Apabila semuanya berhasil dijalankan dengan baik dan seimbang maka hal ini bisa menjadi jalan untuk menciptakan keluarga yang bahagia dan harmonis.

Banyak rumah tangga yang menjadi berantakan bahkan sampai terjadi perceraian karena masing-masing hanya menuntut hak tanpa mengerti dan mau menjalankan apa yang menjadi kewajibannya.

Untuk itulah yang perlu digaris bawahi adalah bahwa penting untuk menjaga keseimbangan antara keduanya yaitu menjalankan hak kewajiban sebagai istri dengan baik dan juga sebaliknya menjalankan hak kewajiban sebagai seorang suami dengan baik pula.

Mensyukuri Nikmat Allah

Dalam menjalani kehidupan rumah tangga dalam rangka mencapai kebahagiaan keluarga sakinah mawaddah warahmah maka kunci bersyukur kepada Allah adalah sangat penting dan utama dalam hal ini.

Kebahagiaan keluarga tidak diukur dari banyaknya harta benda, rumah yang mewah, kendaraan yang bagus. Tetapi hakekatnya adalah ketenangan kenyamanan dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Pernikahan adalah tempat berbagi, bercerita, bercengkrama, bercinta dan berkasih sayang antara suami istri dengan penuh keikhlasan, kesabaran, ketabahan dan kebenaran.

Rumah tangga sakinah mawadah warohmah adalah salah satu tempat yang paling indah dalam kehidupan di dunia, karena tak ada kecantikan dunia yang dapat mengalahkan istri yang sholeha.

Istri yang solehah bila berada dalam rumah tangga yang sakinah, mawadah, warokhmah merupakan taman yang sangat indah, yang membuat suami kerasan tinggal di dalamnya.

Rumah tangga yang bahagia harmonis menjadi lebih indah bila diisi oleh suami istri dan anak yang semua tunduk dan taqwa kepada Allah SWT.

Hak Kewajiban Suami Istri Dalam Islam

Rumah tangga yang penuh dengan rasa kasih sayang, saling cintai mencintai, penuh dengan keikhlasan dan kesabaran, maka dengan sendirinya rumah tangga harmonis itu telah terbentuk. Dan uniknya keluarga bahagia bukan karena kekayaan harta benda, tapi kaya dengan hati yang lapang.

Kiat membangun keluarga sakinah pada hakikatnya adalah mendekatkan keluarga dengan nilai-nilai Islam. Semakin dekat sebuah keluarga dengan ajaran Islam sebagai agamanya, maka akan semakin membuat nilai-nilai keberkahan itu hadir dalam kehidupan rumah tangga. Kesakinahan bersama pasangan maupun anak-anak akan mudah diraih.

Keluarga sakinah adalah awal dari berdirinya sebuah masyaarakat madani. Dimulai dari keluarga, selanjutnya akan lahirlah negara yang diberkahi oleh Allah SWT.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel