Manfaat Khasiat Pete Untuk Kesehatan

Manfaat khasiat kegunaan kandungan petai untuk kesehatan tubuh ternyata banyak dan tidak sedikit jumlahnya.
Buah pete dikenal karena baunya yang menyengat. Baunya yang khas dan tajam terkadang dan seringkali akan membuat sebagian orang enggan mengonsumsi buah yang satu ini.

Buah Sayur Pete (Petai) ternyata tidak hanya menyisakan bau, ternyata bahwa Pete banyak gunanya lebih dari yang kita bayangkan selama ini. Bahkan mengalahkan ratusan jenis obat.

Manfaat Khasiat Pete Untuk Kesehatan

Kandungan Zat Vitamin Nutrisi Pada Pete


Ada beberapa zat yang bermanfaat yang terkandung di dalam buah petai yang berkhasiat dan berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Diantara kandungan yang terdapat di dalam sayuran pete antara lain adalah sebagai berikut yaitu gula alami, zat besi, kalium, fosfor, vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

Pete mengandung 3 jenis gula alami yaiut sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat.

Petai atau pete mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46mg per 100g biji. Selain itu, kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 iu per 100g.

Selain nilai gizinya yang tinggi, petai juga mengandung beberapa senyawa kimia lainnya seperti Cyclic polsulphida dan thiozoline-4-carbocyclic (TCA).

Dibandingkan buah apel, petai memiliki Kandungan protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

Manfaat Petai Bagi Kesehatan


Manfaat Konsumsi petai bagi kesehatan seperti informasi yang dilansir dari doktersehat.com antara lain adalah sebagai berikut :

Mencegah Menghindari Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi , banyak orang merasa lebih baik setelah makan pete.
Hal ini terjadi karena pete mengandung tryptophan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin.

Inilah yang akan membuat relaksasi dan tubuh akan lebih rileks lagi serta juga akan membantu memperbaiki mood dan secara umum membuat seseorang lebih bahagia.

Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pete diduga berperan memperbaiki mood seseorang. Buah ini juga berkhasiat sebagai antidepresan.

Hal tersebut dikarenakan pete mengandung trypthopan, yaitu asam amino yang di dalam tubuh menghasilkan serotonin. Serotonin itulah yang berperan sebagai antidepresan.

Kandungan Zat Vitamin Nutrisi Pada Pete

Mencegah Mengurangi Stress

Kalium adalah mineral penting yang dalam hal ini akan membantu untuk menormalkan detak jantung serta juga mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

Ketika kita stress, kecepatan metabolisme kita akan meningkat. Sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang kandungan kalium di dalamnya tinggi.

Untuk itulah pentinya juga mengenali akan Penyebab Tanda Gejala Stress

Mengurangi Resiko Terkena Serangan Stroke

Menurut riset dalam “The New England Journal of Medicine,” makan pete sebagai bagian dari makanan sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40 persen.

Mengurangi Resiko Penyakit Darah Tinggi Hipertensi

Buah tropis unik ini sangat tinggi kalium, tetapi rendah garam, sehingga sangat sempurna untuk memerangi tekanan darah.

Begitu tingginya, sehingga FDA Amerika mengizinkan perkebunan pete untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel