Ujian Nasional SMA 2016 Pakai Komputer Online

Unas UN SMA tahun 2016 online memakai sistem komputer Computer Based Test (CBT) demikian yang disampaikan oleh Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan yang diutarakan oleh Anies Baswedan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan seperti informasi yang dilansir JPNN.

Pelaksanaan ujian nasional 2016 online menggunakan sistem komputer dengan istilah Computer Based Test akan mulai dilakukan dan dilaksanakan di tahun ini pula.

Pelaksanaan ujian nasional (UN) computer based test (CBT) bukan berarti pengerjaan soal UN dilakukan secara online. Melainkan dengan memanfaatkan komputer yang tersedia di masing-masing sekolah.

Ujian Nasional SMA 2016 Pakai Komputer Online

Computer Based Test CBT UN 2016


Kementerian Pendidikan Dasar Menengah dan Kebudayaan sedang mengkaji metode pelaksanaan Ujian Nasional (UN) berbasis atau menggunakan komputer. Metode itu diyakini akan lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan kertas.

Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, kementerian yang ia pimpin akan segera melakukan uji coba metode UN dengan komputer di beberapa sekolah yang dinyatakan siap. Namun, ia tak menerangkan sekolah mana saja yang dipilih untuk menggelar uji coba.

Selain itu Ujian Nasional 2016 yang dilakukan serentak se-Indonesia dengan metode kertas selama ini menghadapi banyak kendala, di antaranya, anggaran yang besar dan distribusi soal UN yang harus menjangkau luas wilayah Tanah Air.

UN berbasis komputer bukan berarti secara daring atau online, melainkan hanya dilakukan lewat perangkat komputer dan tak terhubung internet.

Anies mengklaim, ada sejumlah kelebihan kalau UN dengan komputer, di antaranya, sekolah bisa menentukan lebih tepat waktu ujian dan para siswa pun bisa menentukan kesiapannya untuk menjalani ujian.

UN berbasis komputer juga akan lebih efektif dan efisien karena soal ujian tidak akan habis dan masih dapat digunakan lagi serta mengurangi produksi kertas seperti informasi yang dirilis pada website viva.co.id dengan judul pemberitaan Kurangi Penggunaan Kertas Ujian Nasional Pakai Komputer.

Tujuan manfaat UN 2016 memakai komputer adalah menghindari kebocoran soal UN. Ditambah lebih ramah lingkungan dan efisien. Mendikbud membayangkan jika ada 7,3 juta siswa mengikuti UN, maka kertas soal yang dibutuhkan akan sangat banyak. Dengan UN Komputer dianggapnya akan lebih efektif dan efisien.

Menurut mendikbud uji coba CBT baru akan dilaksanakan pada siswa bangku SMA yaitu sebanyak 458 sekolah perintis pada tahun ini. Asalkan, kata dia, sekolah sudah menyatakan siap.

"Uji coba kecil sebenarnya tapi kita ingin prinsipnya diuji coba dulu dilihat hasilnya diperbaiki baru nanti bertahap dilaksanakan. Jangan segalanya langsung semuanya repot nanti. Sesudah hasil itu kita akan evaluasi," tandas Anies seperti dilansir jpnn.

Hal ini juga terkait dengan jadwal pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) tingkat SMP SMA bulan april 2016 dan soal materi unas 2016 yang menggunakan dua kurikulum sekaligus yaitu Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13) resmi ditetapkan oleh Pemerintah dan Kemendikbud.

Jadwal un smp/mts, sma/ma, smk/ma adalah di bulan April 2016. Untuk UN tingkat SMP MTS sederajat dilaksanakan pada tanggal 25-28 April dan untuk pelaksanaan Ujian Nasional UNAS tingkat SMA MA SMK 2016 diselenggarakan pada tanggal 4 April - 6 April tahun 2016 ini.

Peserta Ujian Nasional (Unas) 2016 harus belajar menggunakan Kurikulum 2006 (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/KTSP) dan Kurikulum 2013 (K-13). Pemerintah memutuskan kisi-kisi maupun soal antara siswa yang belajar dengan KTSP dan K-13 tidak dibedakan.

Demikian diputuskan oleh Anies Baswedan selaku Mendikbud setelah rapat koordinasi (rakor) dengan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani seperti informasi yang dilansir dari jpnn.

Rakor tersebut juga diikuti Menristek Dikti Muhammad Nasir, Kepala Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) Zainal A. Hasibuan, dan Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin terkait dengan pelaksanaan Ujian Nasional Unas tahun 2016 ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel