Pendaftaran Rekrutmen CPNS Tahun 2015 Tetap Ada

Pemerintah dan BKN memastikan penerimaan seleksi rekrutmen CPNS Tahun 2015 tetap ada walau memang pemerintah merencanakan adanya moratorium penerimaan cpns selama 5 tahun. Hal ini diungkapkan oleh Tumpak Hutabarat selaku Kepala Biro Humas BKN seperti pemberitaan yang dimuat di jpnn.

Penerimaan ASN CPNS 2015 memang akan tetap diadakan dan diselenggarakan oleh pemerintah walau kabar penghentian sementara (moratorium) rekrutmen CPNS oleh kementerian PAN-RB telah banyak didengar oleh masyarakat luas.

Pendaftaran Rekrutmen CPNS Tahun 2015 Tetap Ada

Lowongan Formasi Kuota Pendaftaran CPNS 2015


Usulan kuota formasi pendaftaran tes CPNS tahun 2015 nantinya akan diperketat. Dia menjelaskan instansi, khususnya pemerintah daerah, harus melihat dulu nota keuangan APBD masing-masing.

Pemda dengan belanja pegawai sekitar 70 persen, dipastikan tidak akan mendapatkan alokasi CPNS baru. "Moratorium itu bukan berarti berhenti total. Tahun 2015 masih ada tes CPNS," kata Kepala Biro Humas BKN di Jakarta kemarin.

"Daerah-daerah itu kita minta untuk fokus menata CPNS dulu," jelas dia. Sebab dengan alokasi anggaran 70 persen untuk belanja pegawai, diasumsikan sudah tidak butuh penambahan CPNS baru lagi. Jika ditambah, maka anggaran pemda habis untuk gaji pegawai saja.

Terkait kapan jadwal dan pengumuman penerimaan pelaksanaan tes CPNS baru 2015, Tumpak menuturkan belum ada kepastian. Dia menjelaskan tes CPNS 2015 dipastikan digelar setelah rangkaian tes CPNS 2014 selesai semuanya.

Meski sekarang mendekati pergantian tahun, Tumpak mengatakan ada beberapa instansi yang belum melaksanakan tes CPNS 2014.

Selain itu, Tumpak juga belum bisa memberi penjelasan tentang kuota tes CPNS 2015 nanti. Sebab panitia seleksi nasional (panselnas) akan membuat regulasi permohonan kuota CPNS baru yang ketat.

Tumpak mengatakan bahwasanya untuk proses pemberkasan NIP bagi CPNS yang lulus tes cpns 2014 tidak harus selesai tahun ini juga. Untuk urusan gaji dihitung mulai NIP sudah keluar, bukan saat dinyatakan lulus ujian.

Moratorium Penerimaan CPNS 5 Tahun


Kepastian moratorium cpns tidak diberlakukan pada seleksi penerimaan cpns guru, tenaga pendidik dan tenaga honorer serta tenaga kesehatan medis ini seperti yang diungkap oleh Menpan-RB seperti informasi yang dilansir dari media jpnn.com dengan judul informasi pemberitaan Menpan-RB Moratorium Tidak Berlaku untuk Guru Honorer dan Pegawai Medis.

"Yang banyak dikhawatirkan kan moratorium terhadap guru-guru honorer dan pegawai-pegawai medis, itu enggak ada moratorium," kata Yuddy di KPK. Oleh karena itu, Yuddy mengungkapkan guru honorer calon-calon pegawai negeri sipil yang sedang ikut tes tidak perlu khawatir.

"Jadi tenang-tenang aja," ujarnya. Pemberlakuan moratorium penghentian seleksi penerimaan CPNS selama 5 tahun tidak berlaku untuk formasi guru pendidik, guru-guru honorer di lingkungan kemendikbud dan juga untuk formasi tenaga kesehatan seperti halnya dokter, perawat, dan pegawai-pegawai kesehatan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel