Terbaru Passing Grade Ambang Batas Kelulusan CPNS 2014

Passing grade nilai kelulusan TKD CAT CPNS 2014 telah ditetapkan oleh Pemerintah dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.

Hal ini juga berlaku pada nilai ambang batas lulus passing grade CPNS kementrian dan lembaga negara dan lembaga negara non kementrian pada seleksi penerimaan pendaftaran CPNS Tahun anggaran 2014 ini.

Terbaru Passing Grade Ambang Batas Kelulusan CPNS 2014
Passing Grade Lulus TKD CPNS 2014

Peraturan Passing Grade Batas Lulus TKD CAT CPNS 2014


Pemerintah menaikkan nilai ambang batas (passing grade) kelulusan tes kompetensi dasar (TKD) seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014.

Namun kenaikan passing grade itu hanya dilakukan terhadap kelompok soal tes karakteristik pribadi (TKP), sementara dua kelompok soal lainnya tetap seperti tahun 2013.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmadja mengatakan, passing grade pada tahun 2013 adalah sebagai berikut :
  • 75 untuk tes intelegensia umum (TIU).
  • 70 untuk tes wawasan kebangsaan (TWK).
  • 105 untuk tes karakteristik pribadi (TKP).
Batas minimal lulus tkd cpns 2014 juga telah ditetapkan oleh pemerintah melalui peraturan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Nomor 29 Tahun 2014 tentang Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar Seleksi CPNS tahun 2014.

"Untuk tahun ini, TKP dinaikkan menjadi 126, sehingga jumlahnya menjadi 271," jelas Iwan di Jakarta, Kamis (9/10/2014).(liputan6.com).

Passing grade TKP ditetapkan dengan kriteria 72 persen dari nilai maksimal yakni 175. Untuk TIU jumlah soalnya 30, kalau jawaban benar semua nilai maksimal 150.

Passing grade TIU merupakan 50 persen dari nilai maksimal, yakni 75 atau 15 jawaban benar.

Sedangkan passing grade TWK ditetapkan 40 persen dari nilai maksimal, yakni 175 (jumlah soal 35), yakni 70.

Setiawan mengingatkan, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, maka dinyatakan tetap Peserta Tes CPNS Tidak Lulus TKD.

Penyebab Tidak Lulus TKD CPNS 2014


Bima Haria Wibisana yang menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengatakan, total nilai minimum adalah 250. Sementara itu, yang tertinggi adalah 500. Meski demikian, Bima menghimbau agar peserta tidak hanya mengejar standar nilai minimum.

Banyak peserta yang lulus dari standar, nilainya 450, bahkan ada yang sampai 490. Jadi peserta harus dapatkan nilai setinggi mungkin, karena para pesaingnya banyak yang mendapat nilai segitu. Jangan hanya mengejar batas minimum saja,” ungkapnya di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Tips Lulus TKD CAT CPNS

Masih menurut Bima, tes TKD menggunakan sistem CAT akan berlangsung selama 90 menit. Dalam waktu tersebut, ada 100 soal yang mesti dijawab oleh peserta.

Soal-soal TKD CAT 2014 tersebut adalah terdiri dari :
  1. 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
  2. 30 soal Tes Intelegensi Umum (TIU).
  3. 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP).
Beruntung, tidak ada pengurangan nilai jika peserta menjawab dengan jawaban yang salah.

“Nilainya nol kalau salah dan lima kalau benar. Jadi para peserta tenang saja dan jawab semua soal, karena kalau salah tidak dikenakan pengurangan nilai,” tuturnya.

Sehingga tips cara kiat sukses lulus TKD CPNS 2014 adalah mendapatkan nilai yang tertinggi dan diantara 3 soal tes yaitu TWK, TIU, serta TKP tidak berada di bawah nilai minimal lulus passing grade cpns tahun ini.

Karena bila 2 diantara bagian soal tersebut mendapatkan nilai score tinggi, akan tetapi ada satu nilai yang tidak memenuhi passing grade maka akan tetap dinyatakan tidak lulus ujian.

Ini juga berarti juga berlaku pada passing grade tkd cat cpns kemenkes 2014, passing grade cpns BNN 2014, passing grade tkd cpns kemenhub, passing grade cpns bakorkamla 2014, passing grade cpns kementrian keuangan kemenkeu 2014, passing grade tkd cat kementrian kelautan perikanan (KKP).

Passing grade cpns kemekumham 2014, passing grade cpns BPOM 2014 pula serta juga dan instansi lembaga negara lainnya.

Setiawan mengingatkan, meskipun total nilai peserta tinggi tetapi ada salah satu kelompok soal yang tidak memenuhi passing grade, peserta tes tetap tidak lulus.

“Jadi selain nilainya harus tinggi, peserta harus memenuhi passing grade,” imbuh Setiawan pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel