Panselnas Daftar CPNS Online Mulai 24 Agustus 2014

Pendaftaran CPNS Online 2014 di website panselnas.menpan.go.id akan bisa mulai diakses malam 24 Agustus hari Minggu ini. Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara PanRB yaitu oleh Setiawan Wangsaatmaja seperti pemberitaan yang dilansir jpnn.com minggu 24 agustus ini.

Portal nasional panselnas.menpan.go.id masih turun naik. Padahal menurut Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja, hinggal pukul 11.00 WIB portal nasional masih bisa diakses dengan lancar.

Karena memang penyebab situs website panselnas sulit diakses dan server sering down karena banyaknya para pengunjung calon pelamar yang mengakses laman yang akan melakukan proses registrasi pendaftaran online jutaan dari seluruh Indonesia.

Panselnas Daftar CPNS Online Mulai 24 Agustus 2014

Pendaftaran dan tes CPNS online 2014 diperpanjang oleh Pemerintah dan KemenpanRB serta mundur dari jadwal sebelumnya yaitu dari tanggal 20 agustus 2014 sampai dengan tanggal 3 September. Dan jadwal terbaru untuk pendaftaran online cpns di laman situs www.panselnas.menpan.go.id adalah dimulai pada hari ini minggu 24 Agustus - 7 September 2014.

Kewajiban dan kebijaksaan Panitis Seleksi Nasional PANSELNAS ini untuk melakukan registrasi online cpns pada satu website portal nasional sebelum melakukan pendaftaran online pula pada instansi pemerintah yang akan dilamar oleh calon peserta ujian tes CAT cpns online di tahun anggaran 2014-2015 ini memang sempat membuat bingung dan cemas para calon pelamar.

Hal ini disebabkan susah dan sulitnya untuk mengakses secara online di website Portal Nasional http://panselnas.menpan.go.id pada hari Rabu kemarin tanggal 20 agustus sesuai jadwal yang diberikan oleh KemenpanRB sebelumnya.

Berikut ini adalah pendaftaran cpns pusat dan Kementrian 2014 yang telah mulai melaksanakan pendaftaran registrasi cpns online di website Panselnas dan juga website instansi yang membuka lowongan formasi cpns 2014 di link tautan di bawah ini :

Jadwal Tes CPNS CAT Online 2014


Karena jadwal pendaftaran cpns online mundur dari jadwal sebelumnya tentunya juga jadwal pelaksanaan tes CPNS CAT (Computer Assisted Test) tahun 2014 juga akan mundur pula. tentunya hal ini akan berimbas dan juga mengakibatkan pelaksanaan Tes CPNS 2014 dengan sistem CAT yang semula akan dilaksanakan pada tanggal 8 September 2014 mundur empat hari yaitu mulai tanggal 12 September 2014 sampai dengan selesai.

Berkenaan dengan pelaksanaan pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam beberapa hari mendatang, Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) menegaskan bahwa tes masuk CPNS wajib menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT).

Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tasdik Kinanto dalam suratnya kepada para Bupati dan Walikota di seluruh Indonesia, Senin (18/8) menegaskan hal-hal terkait dengan Tes CAT CPNS 2014 sebagai berikut.

Bahwa berdasarkan hasil rapat Panselnas CPNS, Kamis (14/8) diputuskan, terhadap kabupaten/kota yang tidak terdapat Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang menyediakan fasilitas CAT, seleksi CPNS difasilitasi oleh Sistem CAT Panselnas dengan menggunakan fasilitas sistem CAT Uji Kompetensi Guru (UKG) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tentunya ini juga akan berlaku pada pelaksanaan tes CAT CPNS Kemendikbud 2014, serta juga Tes CAT CPNS Kemenkes 2014, Tes CAT CPNS Kemenkeu 2014 dan juga tes CAT CPNS Intansi pusat kementrian tahun anggaran 2014-2015 ini.

Untuk tata cara alur pendaftaran cpns di website panselnas tahun 2014 ini dan juga cara mendapatkan akun untuk mendaftar online lewat via email masing-masing calon pelamar cpns di tahun ini telah ada dan digambarkan secara lengkap melalui gambar bagan sebagai berikut :

Tata Cara Alur Pendaftaran CPNS  Website Panselnas 2014

Berikut panduan Tahapan Tata Cara serta Panduan dan Cara Pendaftaran Online Melalui panselnas.menpan.go.id dan sscn.bkn.go.id yaitu terdiri dari :
  • Masuk ke portal Panselnas di http://panselnas.menpan.go.id untuk melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), tanggal lahir, instansi yang dipilih dan e-mail.
  • Log in ke http://sscn.bkn.go.id dengan mengisi username dan password yang sudah dikirim via e-mail.
  • Klik DAFTAR untuk mengisi formulir pendaftaran.
  • Isi formulir registrasi yang muncul.
  • Pastikan isian data pribadi pada form registrasi sesuai dengan KTP.
  • Pastikan isian jabatan sesuai dengan kualifikasi pendidikan.
  • Klik check box mengenai kebenaran data yang telah dimasukkan
  • Masukkan kode captcha yang tertera.
  • Klik tombol Daftar untuk memproses pendaftaran dan mendapatkan nomor registrasi.
  • Cetak tanda bukti pendaftaran. Tanda bukti pendaftaran berupa file dalam format PDF yang dapat disimpan di flashdisk dan dapat dicetak ditempat lain.
  • Tanda bukti pendaftaran yang sudah dicetak agar dibawa pada saat verifikasi dokumen lamaran di panitia penerimaan CPNS masing-masing instansi.
  • Melakukan verifikasi dokumen. Verifikasi dokumen dilakukan oleh Panitia Penerimaan CPNS yang ada pada masing-masing instansi yang dilamar. Instansi menentukan apakah dokumen lamaran dibawa oleh pelamar yang bersangkutan atau dikirim melalui Pos Indonesia. Verifikasi dokumen tersebut untuk memastikan kesesuaian data pelamar pada isian formulir pendaftaran dan pilihan formasi serta pendidikan apakah telah terisi dengan data yang benar.
  • Mengikuti ujian seleksi pada waktu yang telah ditentukan.
  • Setelah mengikuti ujian seleksi masuk, Anda dapat melihat pengumuman hasil seleksi administrasi pendaftaran cpns online 2014 pada hari tanggal pengumuman kelulusan diumumkan secara resmi.

Laman Website Panselnas Lancar


Berikut penjelasan dari Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Herman Suryatman seperti informasi yang dilansir dari jpnn.com pada hari minggu tentang laman panselnas mulai bisa diakses minggu 24 Agustus 2014 ini.

Berikut Alur Proses Tahapan Mendaftar Online CPNS 2014 Panselnas.menpan.go.id dan dilanjutkan pada website sscn.bkn.go.id seperti informasi yang dilansir dari website aktualpost.com

Cara Daftar CPNS 2014 di www.panselnas.menpan.go.id adalah pertama tentunya para pelamar adalah membuka situs www.panselnas.menpan.go.id kemudian pilih menu formasi CPNS 2014, kemudian kita akan dihadapkan dengan pilihan formasi yang akan anda lamar seperti dibawah ini antara lain :
  • Formasi Nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga).
  • Formasi di Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.
  • Untuk saat ini baru instansi pusat saja yang bisa dilakukan pendaftaran karena formasi untuk instansi daerah belum di masukan dalam portal panselnas. Setelah memilih formasi mana yang akan dilamar anda akan dihadapkan dalam rincian formasi cpns tiap instansi dan silakan dilihat dengan teliti kualifikasi mana yang sesuai dengan jurusan serta pendidikan anda, setelah itu silakan scroll sampai bawah kemudian akan ada tulisan Apabila sudah memahami dan menyetujui pilihan ini, silahkan melanjutkan ke Formulir Registrasi.
  • Formulir Registrasi beralamat di https://regpanselnas.menpan.go.id dimana ini merupakan formulir registrasi CPNS 2014 secara global, dimana anda diminta untuk memasukan data sesuai dengan yang diminta seperti gambar dibawah ini setelah selesai tinggal dipencet tombol kirim
Formulir Pendaftaran CPNS Online Panselnas 2014

Untuk menuju ke link registrasi online silakan rekan-rekan membacanya lebih lengkap dalam link informasi pemberitaan berikut ini :Tata Cara Pendaftaran CPNS Panselnas Tahun 2014 yang berisikan link registrasi daftar cpns online pada website regpanselnas.menpan.go.id

Dan atau juga ke bisa langsung menuju link tautan berikut ini ==> https://regpanselnas.menpan.go.id

Pelamar CPNS yang hendak mendaftar via online sudah bisa berlega hati. Pasalnya, laman nasional panselnas.menpan.go.id telah siap dan mulai sore ini efektif bisa menerima pendaftaran secara online. Sehingga akan bisa mulai diakses mulai dari sore malam hari minggu 24 Agustus ini.

Karenanya Herman optimistis portal nasional panselnas akan berjalan normal dan stabil. Dengan demikian, masyarakat tidak kesulitan lagi mengaksesnya.

Silakan untuk memantau dan menuju ke link website portal pendaftaran cpns online tahun 2014 ini di laman situs berikut ini ==> panselnas.menpan.go.id.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel