Pendaftaran CPNS Guru Dosen 2014

Pendaftaran CPNS Guru Dosen CPNS Kemendikbud 2014 serta juga Informasi penerimaan formasi lowongan penerimaan CPNS 2014 di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah resmi diumumkan di website resmi situs cpns.kemdikbud.go.id september 2014 ini.

Pengumuman penerimaan CPNS Kemendikbud 2014 ini memang merupakan salah satu pemberitaan yang banyak dicari oleh para kalangan guru baik guru SD, guru SMP / SLTA maupun guru SMA / SLTA dan juga para dosen yang menginginkan dirinya diterima dan lulus cpns 2014 ini. Karena memang kuota formasi cpns guru dosen di kemendikbud juga banyak untuk tahun ini.

Seperti informasi yang pernah dirilis tentang Penerimaan CPNS 2014 ini pemerintah akan merekrut dalam proses seleksi tes cpns 2014 adalah sebanyak 100 ribu formasi CPNS baik itu di pemerintah pusat cpns kementrian maupun di pendaftaran cpns daerah provinsi kabupaten kota seluruh Indonesia.

Pendaftaran CPNS Guru Dosen Kemendikbud 2014
Pendaftaran CPNS Dosen Kemendikbud 2014

Pendaftaran CPNS kemendikbud 2014 Website Panselnas cpns.kemdikbud


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemdikbud dengan ketentuan sebagai berikut :

Formasi CPNS Kemendikbud Tahun 2014

Pendaftaran dibuka bagi pelamar umum untuk mengisi lowongan formasi jabatan jumlah keseluruhan adalah 5.550 untuk mengisi kebutuhan tenaga sebagai berikut :
  • 3992 formasi untuk kelompok jabatan dosen pada 108 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 169 formasi kelompok jabatan paramedis pada 10 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 719 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 55 unit kerja Perguruan Tinggi Negeri.
  • 659 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja di lingkungan unit utama Kemdikbud dan 71 unit kerja Unit Pelaksana Teknis (UPT).
  • 130 formasi kelompok jabatan tenaga administrasi/teknisi pada 10 unit kerja Kopertis.
  • 260 formasi dosen dipekerjakan (dpk) pada 14 unit kerja Kopertis.
Berikut adalah informasi yang dirilis dari website www.solopos.com bahwasannya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan prioritas bagi sarjana yang mengikuti program Sarjana Mendidik Terdepan, Terluar dan Tertinggal (SM3T) untuk menjadi PNS. Selain itu, Juli 2014 Kemendikbud akan membuka lowongan untuk 6.000 dosen untuk seluruh Indonesia.

Jumlah formasi PNS guru masih dikalkulasikan karena menyangkut banyak pihak, baik dengan Menteri PAN-RB maupun pemerintah daerah terkati jumlah guru yang diperlukan. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya pendaftaran online cpns kemendikbud 2014 nantinya akan dilakukan pada laman website cpns.kemdikbud.go.id tentunya setelah pemerintah merilis informasi terkait dengan Sistem Penerimaan Pendaftaran Online CPNS 2014 secara resmi.

Dan juga tentunya bagi calon peserta tes calon pegawai negeri sipil tahun anggaran 2014-2015 nantinya harus mengetahui akan jadwal syarat prosedur tes cpns tahun 2014 di bagian atau pun instansi pemerintah yang akan dilamarnya dengan baik sehingga pada saatnya jadwal pelaksanaan tes cpns diadakan akan bisa memenuhi segala syarat dan persyaratan yang diajukan oleh instansi terkait itu sendiri.

Berikut penuturan M. Nuh selaku Menteri PAN-RB terkait dengan formasi cpns untuk guru pendidik dan dosen pada tes seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil tahun ini adalah pada kisaran jumlah 6.000 -7.000 dosen. Itu untuk dosen saja. Dan nantinya para cpns yang lulus cpns dosen nantinya tidak hanya akan ditempatkan pada perguruan tinggi negeri saja, akan tetapi bisa nantinya ditempatkan pada perguruan tinggi swasta.

Selain guru PNS, pada Juli 2014 yang akan datang juga ada tes formasi PNS 2014 untuk menambah kuota jatah PNS dosen untuk seluruh Indonesia. Pengangkatan CPNS dosen 2014 ini dikarenakan kebutuhan akan dosen sangat mendesak. Hal ini juga sudah disetujui Menteri PAN-RB.

Untuk lowongan cpns guru di tahun anggaran 2014-2015 ini berdasarkan informasi yang didapat pada website jpnn.com bahwa kuota cpns guru dosen ditambah, guru PNS boleh mengajar di swasta Menurut Nuh, ada banyak alasan sehingga kuota dosen CPNS itu ditambah cukup signifikan.

Diantaranya adalah, banyaknya pendirian kampus swasta. Selain itu, peningkatan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi juga membuat perbandingan dosen dan mahasiswa harus ditingkatkan.

"Jadi kuota dosen CPNS baru itu tidak hanya disebar di kampus-kampus negeri baru saja, tetapi juga di PTN yang sudah berdiri. Sebab jumlah mahasiswanya naik," ujarnya.

Pendaftaran CPNS Guru Dosen 2014

Keputusan penting lain dari Kemen PAN-RB adalah, komitmen menambah kuota CPNS baru untuk formasi guru. Calon guru yang diprioritaskan diangkat menjadi CPNS baru adalah, peserta program Sarjana Mengajar di Daerah Terpencil, Tertinggal, dan Terluar (SM-3T).

Syarat bagi peserta SM-3T untuk diprioritaskan diangkat menjadi CPNS baru adalah, bersedia ditempatkan menjadi guru di sekolah tempat dia mengabdi ketika menjadi peserta SM-3T. Sehingga tentunya hal ini juga akan membawa dampak positif pada pendaftaran cpns kemendikbud 2014 nantinya formasinya akan ditambah dari formasi-formasi tahun sebelumnya.

Kuota pasti untuk CPNS guru ini masih menunggu usulan dari seluruh pemda. Berbeda dengan posisi dosen, yang itu merupakan kewenangan Kemendikbud selaku instansi pengusulnya.

Keputusan terakhir yang menurut Nuh penting adalah, Kemen PAN-RB segera menginisiasi penerbitan surat keputusan bersama (SKB) tingkat menteri. SKB itu mengatur tentang posisi guru di sekolah swasta. Selama ini guru berprestasi di swasta ditarik ke sekolah negeri jika lolos menjadi CPNS.

Nantinya bila informasi seputar penerimaan dan pendaftaran cpns di lingkungan kementrian pendidikan dan kebudayaan tahun 2014 ini telah dirilis secara resmi akan diupdate.

PENENTUAN PENGUMUMAN KELULUSAN CPNS KEMENDIKBUD 2014
  1. Pengumuman akan dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di http://cpns.kemdikbud.go.id dan http://kemdikbud.go.id, dan website unit kerja masing-masing.
  2. Jadwal pengumuman final direncanakan dilaksanakan pada minggu III bulan Desember, atau sesuai ketetapan Kementerian PAN dan RB lebih lanjut.
  3. Penetapan/keputusan Panitia Pengadaan CPNS Kemdikbud tahun 2014 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat.
Baca lebih lanjut pada informasi UPDATE TERBARU CPNS Kemdikbud 2014 di link tautan berikut ini : Pendaftaran CPNS Kemendikbud 2014 Website Panselnas mulai tanggal 4 - 18 September 2014.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel