Pendaftaran CPNS 2014 Melalui Sistem Online

Pendaftaran Online CPNS 2014 serta juga Seleksi rekrutmen penerimaan cpns 2014 pemerintah Indonesia yaitu pemerintah pusat dalam hal ini BKN (Badan Kepegawaian Negara) akan menggunakan sistem melalui jaringan dan sistem elektronik ataupun online.

Hal ini telah ditegaskan oleh pejabat BKN yaitu Tumpak Hutabarat selaku Karo Humas dan Protokol Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan terkait dengan tata cara persyaratan pendaftaran online CPNS 2014 ini.

Hal ini seperti berita yang dilansir dari situs website jpnn.com dengan judul pemberitaan penerimaan cpns bulan juni 2014 yang menyatakan bahwasannya proses pendaftaran, mulai tahun ini para pelamar tidak perlu berbondong-bondong menyerahkan berkas lamaran ke panitia seperti halnya tahun-tahun sebelumnya.

Namun, pendaftaran menggunakan sistem elektronik atau online. Prosedur dan teknisnya, bisa membuka situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), yakni sscn.bkn.go.id.

Pendaftaran CPNS 2014 Melalui Sistem Online

Dan informasi terbaru mengenai portal nasional website resmi daftar registrasi online CPNS tahun 2014 adalah juga melalui laman website http://panselnas.menpan.go.id dan juga website http://sscn.bkn.go.id

Baca informasi lebih lanjut pada artikel berikut ini : Panselnas.menpan.go.id .

Sistim rekrutmen sekarang diarahkan pada sistim elektronik agar lebih hemat waktu dan anggaran.Sedangkan khusus untuk daerah-daerah terpencil yang masih ada kendala soal jaringan internet, para pelamar masih bisa menggunakan cara yang lama, yaitu dengan cara menyerahkan berkas lamaran ke masing-masing kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Oleh BKD, data pelamar akan diteruskan ke alamat sscn.bkn.go.id

Seleksi CPNS Tahun 2014 dari pelamar umum menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang berbasis online. Dengan sistem digital itu, potensi pendaftar ganda dan melamar di lintas instansi cukup besar.

Dan hal ini juga akan lebih memudahkan para calon pelamar untuk melakukan registrasi online cpns 2014 walau kendala ketika telah diumumkan jadwal pembukaan penerimaan cpns tentunya situs website tempat mendaftar online akan kebanjiran pengunjung visitor sehingga terkadang akses akan lebih lambat.

Dalam hal ini juga Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga selalu menginformasikan perkembangan prosedur yang dilaksanakan dalam tes CPNS termasuk tahun 2014 ini baik itu melalui online maupun dengan jalan sosialisasi ke daerah-daerah.

Untuk informasi bagaimana cara untuk mendaftar online cpns sendiri semua perkembangan informasi pengumuman CPNS baik itu lowongan maupun hal lainnya termasuk dalam hal yang berhubungan dengan tes CPNS 2014 menggunakan sistem CAT bisa dilihat antara lain bisa dilihat di situs website www.menpan.go.id.

Pemerintah memastikan juga bahwa pada tes cpns 2014 memakai sistem CAT (Computer Assisted Test) seperti yang diungkapkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dalam keterangan yang dimuat di JPNN.com. Berikut pernyataan resmi beliau : "Kalau sebelumnya tes CPNS sebagian besar masih menggunakan Lembar Jawaban Komputer, tahun ini 100 persen akan menggunakan CAT. Dengan demikian peserta dapat melihat langsung hasilnya setelah tes dilakukan,"

Mengingat waktu seleksi tidak akan lama lagi tentunya para calon peserta harus sudah mulai mempersiapkan diri, dengan belajar soal-soal tes CAT cpns 2014 seperti wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan psikotes. Bagi honorer K2 yang gagal tes CPNS 2013, juga boleh ikut tes untuk mengisi lowongan PPPK.

Berikut screenshot cara mengisi data ketika akan melakukan pendaftaran online cpns yang dimuat di laman website BKN di sscn.bkn.go.id pada bagian form pendaftaran registrasi online berikut data berkas yang harus disiapkan

Tata Cara Pendaftaran Online CPNS 2014

Cara Pendaftaran Online CPNS 2014 Pemerintah Pusat Kementrian Pemerintah Daerah

Belajar dari pengalaman tahun yang lalu, pembukaan cpns tahun ini juga pemerintah akan tetap membuka pendaftaran cpns kemendikbud 2014, penerimaan seleksi tes cpns kemenkes 2014 dan kementrian-kementrian lainnya pula. Dari syarat pendaftaran cpns tahun ini yaitu antara lain hal-hal yang perlu dipersiapkan pada saat registrasi online cpns 2014 antara lain :
  • Pendaftaran CPNS dilaksanakan secara online melalui website yang dibuat khusus dan akan diumumkan nanti oleh instansi yang dilamar.
  • Pada situs pendaftaran CPNS online tersebut, pelamar diharuskan mengisi semua formulir mengikuti format yang telah disediakan secara online. Setelah langkah ini otomatis data diri anda akan tersimpan di server panitia penerimaan CPNS 2014.
  • Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online dapat mengunduh (download) formulir-formulir yang telah di isi tersebut seperti Formulir Pendaftaran Online, Daftar Riwayat Hidup Singkat, Surat Pernyataan, dan Tanda Bukti Pendaftaran dan berkas lain yang diperlukan oleh panitia
  • Selanjutnya setelah mengisi pendaftaran secara online, semua berkas tersebut dapat di cetak, kemudian bersama-sama berkas lamaran sesuai Syarat Pendaftaran CPNS yang ditentukan masing-masing instansi seperti Izajah, Fotokopi KTP/SIM yang masih berlaku, Pas foto, surat keterangan, dan lain-lain dibuat dalam satu amplop yang ditentukan dan siap dikirim.
  • Selanjutnya berkas yang telah dilengkapi baik yang di isi online dan berkas offline, Berkas Lamaran tersebut dikirimkan kepada panitia penerimaan CPNS 2014 dengan alamat khusus yang nantinya akan diberitahukan secara jelas.
  • Bagi pelamar yang memenuhi syarat pendaftaran administrasi akan lulus seleksi berkas dan selanjutnya berhak mengikuti ujian tulis CPNS 2014.
Tak hanya usulan saja menggunakan online, tetapi penetapan formasi pun akan diekspos secara online. Dengan demikian nantinya masyarakat luas akan bisa tahu daerah mana yang mendapatkan formasi. Mereka juga bisa melamar di mana saja sesuai kompetensi dan formasi yang ada dan yang telah ditetapkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel