Lowongan CPNS Kemenkumham 2014

Pendaftaran rekrutmen penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia tahun 2014 adalah merupakan bagian dari informasi daftar instansi kementrian pusat yang membuka lowongan cpns tahun 2014 ini. Karena memang informasi seleksi tes cpns online kemenkumham banyak dicari oleh masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti lowongan kerja PNS kementrian yang satu ini.

Tes cpns online kementrian hukum dan HAM tahun ini akan dilakukan seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya. Karena memang di tahun ini Pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah Provinsi Kabupaten Kota di Indonesia akan mengadakan Registrasi Online CPNS 2014. Karena hal ini pemerintah juga mempunyai aturan dan persyaratan registrasi online rekrutmen calon pegawai negeri sipil di lingkungannya masing-masing.

Informasi terkait dengan berita info mengenai pendaftaran online cpns kemenkumham ini nantinya bisa diakses melalui situs resmi kemenkumham yaitu di laman website www.kemenkumham.go.id atau pun alamat tempat registrasi daftar online melalui laman website http://cpns.kemenkumham.go.id.

Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2014 cpns.kemenkumham.go.id
Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2014

Formasi CPNS Kementrian Hukum Dan HAM


Alokasi dan kuota pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Di Lingkungan Kementrian Hukum Dan Hak Asasi Manusia RI di tahun ini memang belum secara resmi diumumkan oleh Pemerintah dan juga kementrian yang terkait di dalamnya. Akan tetapi mengingat bahwasannya di tahun 2013 kemarin kementrian ini merekrut 1086 orang, dengan formasi terbanyak pada UPT Lembaga Pemasyarakatan (lapas) di Indonesia.

Secara resmi kuota alokasi formasi cpns kemenkumham tahun 2014 adalah berjumlah 1.000 orang dengan kualifikasi lulusan pendidikan D3 (Diploma III) dan Sarjana S1 semua jurusan.

Dan juga berdasarkan pada data dan informasi di tahun 2013 lalu dimana penerimaan CPNS Kemenkumham formasi Sipir masih dibutuhkan yaitu berjumlah 14 ribu orang. Namun kemenkumham hanya memiliki petugas keamanan Lapas 11.800 orang sipir, sedangkan jumlah narapidana sebanyak 119.000 orang.

Artinya bila dilihat secara proposional maka secara 1 petugas sipir diharuskan menjaga 55 warga binaan Lapas. Memang tahun lalu ada penerimaan CPNS Kemenkumham tapi formasi yang diterima tidak mencukupi menutupi kekurangan pegawai ini.

Di tahun ini penerimaan CPNS Kemenkumham 2014 akan memprioritaskan tenaga sipir pada formasi penerimaan CPNS guna penambahan tenaga pengamanan dengan menyesuaikan kebutuhan Kemenkumham.

Sebagaimana informasi yang banyak didapatkan di media website laman internet di tahun ini pula bahwa formasi penerimaan CPNS tahun 2014 saat ini sudah di ijinkan pemerintah untuk diusulkan dan juga telah pula ditetapkan. Namun instansi baik pusat maupun daerah belum ada yang membuka pendaftaran CPNS 2014 termasuk CPNS di lingkungan kemenkumham ini pula.

Di tahun ini yang lalu juga formasi yang dibutuhkan dari keseluruhan jumlah peserta ujian cpns online yang akan diterima menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah dengan latar pendidikan SMU/SMA SLTA SMK sederajat dan juga lulusan sarjana (S1).

Secara keseluruhan lulusan SMA/SMU yang dibutuhkan sebagai CPNS di Kemenkumham adalah untuk mengisi formasi Pengamanan Detensi (UPT Imigrasi) dan Satuan Pengaman Tahanan/Narapidana (UPT Pemasyarakatan).Untuk lulusan S1 adalah dengan jurusan bahasa Inggris dan juga S1 Komputer.

Dan penempatan nantinya adalah di kantor wilayah regional kementrian hukum dan HAM di seluruh Indonesia. Dan daftar alamat Kantor Wilayah Regional Kemenkumham pendaftaran calon pegawai negeri sipil ini bisa dijumpai pada beberapa provinsi di Indonesia untuk melakukan proses pendaftaran dan juga pengumumannya. Yang mana jumlah keseluruhan kanwil kemenkumham di Indonesia adalah berjumlah 15.

Pengumuman Pendaftaran CPNS Kemenkumham


Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI membuka Seleksi Penerimaan CPNS 2014 bagi warga negara Indonesia dengan beberapa ketentuan persyaratan dan juga kelengkapan berkas administrasi untuk bisa melewati tahapan tes cpns di kementrian ini dengan baik.

Pengumuman Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2014

Jadwal penerimaan dan pendaftaran cpns kementrian hukum dan HAM RI serta juga di tahun ini adalah berkisar di bulan Juli dan Agustus 2014 seperti banyak didapat informasi dari kemenpan-RB terkait dengan jadwal seleksi tes cpns di Instansi Pusat Kementrian maupun Instansi daerah provinsi kabupaten kota di seluruh Indonesia.

Syarat Pendaftaran CPNS di tahun 2013 kemarin adalah beberapa hal yang akan tersebut dibawah dan hal ini bisa untuk persiapan para calon peserta pendaftar online pula di tahun 2014 ini antara lain sebagai berikut :
  • Pria / wanita Warga Negara Indonesia
  • Usia pada tanggal 1 September 2014 minimal 18 tahun
  • Calon pelamar di seluruh Indonesia wajib melakukan pendaftaran secara online (kecuali Kantor Wilayah Papua)
  • Calon Pelamar mendaftar melalui website dan mengisi form registrasi yang telah tersedia kemudian pelamar dapat mencetak tanda bukti pendaftaran
  • Tanda bukti pendaftaran dan lamaran lengkap dikirim ke alamat PO BOX penerimaan CPNS pada Kantor Pos yang telah ditunjuk oleh Kantor Wilayah setempat
Tahapan Proses Penerimaan CPNS Kemenkum-Ham di tahun 2014 ini akan terbagi menjadi beberapa proses tahapan penerimaan cpns antara lain adalah sebagai berikut :
  • Pengumuman penerimaan seleksi tes.
  • Pendaftaran secara online (kecuali Papua).
  • Pengiriman berkas lamaran melalui PO BOX.
  • Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS Kemenkumham 2014.
  • Pengukuran Tinggi Badan dan Berat Badan, Verifikasi Dokumen Asli dan Pemberian Kartu Peserta Ujian.
  • Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan.
  • Pengumuman Kelulusan Tes Kesehatan dan Tes Kesamaptaan.
  • Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT).
  • Pengumuman akhir pengumuman kelulusan tes CPNS Kemenkumham 2014.

Pendaftaran Online CPNS Kementrian Hukum Dan HAM 2014


Berikut tata urutan cara memulai registrasi online cpns tahun 2014
1. Pelamar mendaftar secara online melalui situs Panitia Seleksi Nasional http://panselnas.menpan.go.id untuk mendapatkan username dan password.
2. Pendaftaran dilakukan melalui alamat http://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan username dan password yang diperoleh melalui mekanisme pada point 1 untuk mendapatkan Kartu Registrasi. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 September - 27 September 2014 selama 2 minggu.
3. Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna kuning untuk Sarjana Strata 1 dan warna hijau untuk Diploma III, di luar map tertulis :
  • Nama
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Pendidikan
  • Kualifikasi Jabatan yang dipilih
  • Alamat Sekarang
  • Nomor Telepon yang mudah dihubungi
  • Alamat Email
4. Berkas lamaran terdiri dari :
  • Surat lamaran bermaterai Rp.6000,- ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai terakhir yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  • Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang telah dilegalisir.
  • Fotokopi Akta Kelahiran / Surat Kenal Lahir. Surat keterangan berbadan sehat, tidak buta warna, tidak tuli dan tidak bertato dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah.
  • Surat Pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia dan tidak terikat dengan instansi lain baik Pemerintah maupun BUMN dengan dibubuhi materai Rp. 6000,-.
  • Tanda bukti cetak/print Kartu Registrasi. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku. Pasfoto berwarna dasar biru berukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar (untuk kartu peserta ujian).
5. Pengiriman Berkas lamaran dimulai tanggal 14 September 2014 - 29 September 2014 ke alamat :
  • Untuk Unit Pusat ke PO BOX 8898 JKT 10000.
  • untuk Kantor Wilayah alamat dapat diunduh http://cpns.kemenkumham.go.id
  • Khusus untuk pendaftaran Wilayah Papua dan Papua Barat, dilakukan secara langsung ke Kantor Wilayah dengan membawa berkas persyaratan sebagaimana yang telah ditentukan mulai tanggal 2 Oktober 2014 - tanggal 8 Oktober 2014 (hari kerja kantor).

TAHAPAN SELEKSI TES CPNS 2014


Tahapan seleksi penerimaan rekrutmen cpns Kementrian Hukum dan HAM tahun anggaran 2014-2015 ini terdiri dari :
  1. Seleksi Administrasi
  2. Tes Kesehatan dan Kesamaptaan (untuk Jabatan Penjaga Keamanan)
  3. Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) cpns kementrian Hukum dan HAM 2014.
  4. Pengumuman Kelulusan Tes TKD CAT CPNS Kemenkumham 2014 dapat dilihat dan diakses melalui laman website cpns.kemenkumham.go.id
Pengumuman lain-lain
  • Informasi lebih lanjut dapat dilihat di cpns.kemenkumham.go.id.
  • Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
  • Pengumuman Kelulusan Hasil Tes CPNS Kementrian Hukum dan HAM 2014 akan diumumkan dan diinformasikan menyusul.
  • Keputusan Panitia Seleksi tidak dapat diganggu gugat.
Silakan untuk langsung pengumuman penerimaan CPNS Kemenkumham 2014 di website resminya di link berikut ini ==>> cpns.kemenkumham.go.id.

Untuk melakukan pendaftaran registrasi online cpns 2014 silakan langsung menuju ke link berikut ini di tanggal 13 September - 27 September 2014 ==>> regpanselnas.menpan.go.id.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel