Tips Cara Meredakan Menghilangkan Stres

Kiat tips mengatasi stress yang sedang dialami seseorang memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena hal ini pada umumnya adalah disesuaikan dengan cara dan kemampuan individu tersebut dalam rangka meredam dan juga menghilangkan rasa stressor yang meningkat. Koping individu ketika menghadapi stres juga tentunya akan berbeda-beda antara seseorang dengan orang lainnya.

Seperti yang pernah diutarakan dalam artikel yang sedikit banyak membahas mengenai Penyebab Dan Tanda-Tanda Stres sedang melanda seseorang juga bahwa yang dimaksud dengan stres adalah merukana suatu kondisi ketegangan yang terjadi pada diri seseorang yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang. Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.

Tips Cara Kiat Meredakan Menghilangkan Stres

Stres galau atau beban pikiran memang menjadi momok bagi semua orang, lebih khususnya masyarakat perkotaan. Beragam bentuk persoalan permasalahan seperti halnya dalam studi, karir, bisnis maupun relationship bersama pasangan atau keluarga bisa jadi merupakan faktor utama pemicu stres. Namun, seberat apapun masalah jangan sampai membuat kita menjadi stres berkepanjangan. Karena jika tidak dikelola dengan baik, stres akan menjadi awal mula munculnya berbagai jenis penyakit.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam rangka menghilangkan meredakan serta mengatasi stres yaitu antara lain dengan melakukan hal-hal berikut ini yaitu :

Pijat Terapi
Hal ini bisa dilakukan karena pada hakekatnya melakukan pemijatan adalah merupakan salah satu bentuk relaksasi. Dengan melakukan pemijatan pada beberapa daerah tubuh akan bisa mengurangi tekanan darah karena sirkulasi darah meningkat. Bisa juga dengan mencoba pijat aromaterapi di mana terapi menggunakan minyak esensial saat perawatan.

Menurut para peneliti di Hongkong Polytchnic University, akupuntur adalah cara cepat meredakan ketegangan hingga 39%. Kalau Anda mau stres cepat reda, pijatlah daerah antara ibu jari dan jari telunjuk selama 20-30 detik. "Ini adalah titik akupuntur paling ummum untuk membuat tubuh bagian atas terasa nyaman," kata Patrice Winter, juru bicara American Physical Therapy Association.

Hipnoterapi
Hipnoterapi ini bukan sesuatu yang sering kita lihat di layar kaca, ini sangat berbeda jauh dengan yang ada di tayangan-tayangan tersebut. Disini anda tetap sadar dan tetap punya kontrol atas diri anda sendiri. Anda masih dapat berbicara, mendengar dan bergerak selama proses terapi, jadi bukan anda yang dikontrol. Anda berkuasa penuh atas diri anda.

Nah dengan hipnoterapi ini semua sumber stress dibuang, semua hal yang ga nyaman dibuang dan kita diberikan sugesti positif untuk lebih semangat dan merasa mampu. Tidak hanya sugesti positif namun juga mencari akar masalah dari stress yang terjadi pada diri anda. Bisa juga dengan menyelesaikan konflik yang terjadi dalam diri kita.

Mengenali Kemampuan Diri
Tidak semua penyebab yang bisa menimbulkan stres dapat dihindari, sehingga kita juga harus mengetahui akan batas kemampuan diri kita. Apakah itu adalah kehidupan pribadi atau profesional. Maka jika mengambil porsi lebih banyak dari yang dapat kita kerjakan dan lakukan, maka justru hal ini akan dapat membuat stres dan akan berakhir buruk. Buatlah daftar apa yang diperlukan dan apa yang tidak diperlukan dalam hidup dan pekerjaan.

Berolahraga.
Olahraga tidak harus yang dalam porsi banyak dan berat. Olahraga ringan dan dilakukan secara berkesinambungan akan bisa membantu dalam ranga meredakan stressor yang sedang kita alami.

Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mengambil lebih banyak oksigen (O2). Dari hal ini maka akan berdampak positif terhadap tubuh kita salah satunya adalah akan memdapatkan tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik tentunya.

Mencari Solusi Dari Masalah
Maksudnya adalah bila stres diakibatkan oleh karena masalah tertentu yang kita anggap cukup bahkan berat maka kita harus menghadapi dan mencarikan solusi dari permasalahan yang kita hadapi. Bukan malahan lari dari masalah.

Jangan memikirkan masalah terus menerus karena cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan mencari solusi yang tepat bagi permasalahan tersebut. Karena itu saat masalah datang, segera cari solusinya. Jangan mencari sumber permasalahannya terlebih dahulu, hal itu bisa menjadi prioritas kedua agar anda terhindar dari masalah yang sama.

Meski keberadaan stres adalah sebuah hal yang wajar, tetapi hal ini harus segera diatasi sedini mungkin, sebab bila stres berkepanjangan tidak tertutup kemungkinan akan membuat seseorang menjadi depresi bahkan dapat pula memicu berbagai penyakit, seperti halnya obesitas, bahkan penyakit maag

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel