Tanda Akan Melahirkan Persalinan

Tanda-tanda awal melahirkan segera tiba harus dimengerti dan juga dipahami dengan baik oleh para ibu hamil dalam masa-masa kehamilan 9 bulan. Apalgi baru ibu hamil yang akan baru mengalami perasaan dan pengalaman hamil untuk pertama kalinya.

Karena bila ibu-ibu hamil yang kedua atau ketiga tentunya hal ini tidaklah begitu sulit untuk mengenal tanda persalinan karena paling tidak susah mempunyai pengalaman dalam hal bersalin dan melahirkan bayi.

Sebelumnya alangkah baik dan juga perlu serta penting bagi para calon ibu dan juga calon ayah dari anak-anaknya untuk mengetahui akan Persiapan Untuk Melahirkan demi untuk kelancaran keselamatan serta juga kesehatan ibu dan bayinya juga.

Karena dengan persiapan menyambut kelahiran bayi juga akan berpengaruh secara psikologis kepada ibu-ibu hamil yang segera akan menjalani proses persalinan yang normal tentu yang menjadi harapan semuanya.

Tanda awal melahirkan secara umum akan dirasakan oleh para ibu-ibu hamil yang akan segera bersalin. Memasuki minggu-minggu terakhir kehamilan, para ibu akan bisa mengalami sejumlah perubahan fisik dan psikologis, seperti emosi tidak stabil, gejolak energi berlebihan, atau keinginan untuk menyendiri.

Secara fisik, hormon kehamilan akan memperlebar tulang kemaluan dan melunakkan dasar panggul Ibu agar bayi dapat semakin turun dan masuk ke jalan lahir. Dari luar, sang ibu akan melihat posisi perut yang tampak semakin turun.

Tanda Tanda Akan Melahirkan Persalinan

Tanda persalinan melahirkan akan bisa dirasakan seorang ibu hamil dalam waktu beberapa hari atau bahkan beberapa jam sebelum proses melahirkan berlangsung dengan sesungguhnya. Pengetahuan akan tanda awal melahirkan ini tidak saja harus diketahui oleh sang ibu, sang ayah juga perlu mengetahuinya.

Karena hal inilah seorang suami harus menjadi SUAMI SIAGA yang siap menghantarkan istrinya mendatangi tenaga kesehatan atau pun ke Rumah Sakit bila ciri-ciri awal kehamilan akan berlangsung dengan segera.

Berikut beberapa hal yang menandakan proses persalinan akan segera berlangsung diantaranya yaitu :

Air Ketuban Pecah

Pada beberapa kasus banyak juga yang terjadi apa yang didalam dunia kesehatan dikenal dengan istilah Ketuban Pecah Dini. Hal ini bisa terjadi walau belum ada pembukaan, dan hal ini dikarenakan belum ada pembukaan dan ketuban telah pecah maka tenaga kesehatan akan mengusahakan untuk segera proses persalinan bisa berlangsung.

Karena bila terlalu lama akan sangat membahayakan bagi sang janin dalam kandungan.

Ciri tanda khas air ketuban pada umumnya warna yang bening, tidak berbau, dan akan terus keluar sampai ibu akan melahirkan. Bisa keluar secara cepat atau pun keluar sedikit demi sedikit (merembes).

Bila menjumpai tanda tanda-tanda persalinan seperti ini maka harus segera mendapatkan pertolongan persalinan. Secara fisiologis ketika pada saat rahim berkontraksi kuat pada akhir tahap pertama melahirkan, membran ketuban ini memang akan pecah.

Kontraksi HIS Meningkat

Dengan berjalannya waktu mendekati proses persalinan normal maka akan terjadi kontraksi setiap 10 menit dan terus bertambah atau meningkat. Kontraksi atau rasa mules terjadi menjelang hari-hari kelahiran sang bayi.

Durasinya pun dari waktu yang cukup renggang, misalnya 6 jam sekali, akan semakin cepat. Jika rasa mules tersebut sudah mulai berada di sekitar 10 menit sekali, ini adalah tanda bahwa ibu hamil harus bersegera ketempat pelayanan kesehatan untuk melahirkan.

Flek / Lendir Bercampur Darah

Bila ibu hamil dalam masa umur kehamilan 9 bulan mengalami akan hal ini maka segera mendatangi tenaga kesehatan adalah pilihan yang paling tepat. Jika diperhatikan, pada celana ibu mulai muncul flek, awalnya berwarna sedikit kecoklat-coklatan, lalu coklat muda, coklat, hingga mendekati warna darah.

Bloody show adalah juga termasuk dalam tanda khas bahwa proses melahirkan akan segera datang. Bersamaan dengan keluar lendir yang bercampur darah ini akan terjadi juga sebuah proses pelunakan, pelebaran, serta penipisan mulut rahim ibu hamil tersebut.

Dinding Perut Terasa Semakin Mengeras

Rasa mules yang dirasakan dan dialami oleh para ibu hamil di akhir-akhir 9 bulan kehamilannya, biasanya akan beriringan dengan dinding perut yang terasa semakin mengeras. Ini adalah salah satu cara alami dalam tubuh ibu hamil untuk mendorong sang calon bayi untuk turun ke mulut rahim.

Nyeri Sakit Daerah Pinggul

Penyebab rasa sakit pada pinggul yang diraakan ibu adalah oleh karena adanya peningkatan pergerakan dan juga pergeseran janin yang mulai menekan pada daerah tersebut. Rasa sakit ini juga harus bisa dibedakan apakah sakit biasa atau karena akan melahirkan.

Bila ibu hamil yang pernah melahirkan akan bisa membedakannya, akan tetapi pada ibu hamil anak pertama hal ini juga bisa cukup membingungkan untuk membedakannya. Hal ini juga tidak beda jauh dengan adanya kontraksi ibu hamil ada yang sesungguhnya dan juga ada kontraksi yang palsu pula.

Demikian beberapa ciri tanda ibu hamil akan segera melahirkan yang perlu diperhatikan. Segera datangilah fasilitas kesehatan untuk menjalani proses persalinan dengan baik dan lancar sesuai dengan pilihan ibu-ibu semuanya.

Karena kita ketahui bersama bahwa di masa-masa akhir trimester ketiga atau ada bulan ke-9 kehamilan merupakan saat-saat dimana seorang ibu hamil perlu menyiapkan diri mengenali tanda-tanda melahirkan.

Selain menyiapkan mental, ibu juga secara fisik harus disiapkan dengan baik sebagai persiapan dalam rangka menjalani proses persalinan yang cukup melelahkan.

Menjaga pola makan dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil dan juga melakukan olahraga ringan sesuai anjuran dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel