Penyebab Stres Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Perubahan fisik ibu hamil dan mental psikologi seringkali bisa menyebabkan stressor tersendiri bagi ibu hamil. Untuk itu menganali akan tanda gejala stres pada kehamilan yang dirasakan oleh para ibu hamil perlu untuk diketahui dan juga dipahami dengan benar sehingga pula akan bisa ditemukan berbagai cara dalam mengatasi rasa dan hal-hal yang bisa menyebabkan stres itu sendiri.

Yang dimaksud dengan pengertian definisi stres adalah sebagai suatu kondisi ketegangan yang akan bisa mempengaruhi keadaan daripada emosi, proses berpikir dan kondisi diri seseorang yang sedang mengalaminya.

Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya sendiri dan hal ini juga berlaku pada saat keadaan stress pada ibu hamil yang bisa saja terjadi.

Demikian pula dengan bahaya dampak akibat stres ibu hamil pada janin yang harus diwaspadai bila tidak segera diatasi dengan baik berbekal anjuran dari medis dan kesehatan pula.

Penyebab Stres Di Masa Kehamilan

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang ibu hamil mengalami tekanan mental yang berlebihan. Karena memang tingkatan stressor pada diri seseorang termasuk pada diri seorang ibu hamil di dalam masa kehamilannya adalah bisa dalam tahapan ringan, sedang, dan tinggi.

Yang perlu untuk dikhawatirkan adalah bila dalam tahapan stres yang tinggi terjadi pada ibu hamil dan tidak segera mengatasinya dengan jalan yang baik pula.

Penyebab Stres Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Stres ringan bila tidak mendapatkan solusi pemecahan sumber masalahnya pun akan bisa berakibat kurang baik bagi perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan sang ibu.

Tetapi bila stres berat dan bisa dicarikan solusi pemecahannya dengan baik maka tidak akan berpengaruh terhadap kesehatan ibu sendiri maupun sang jani bayi di dalam kandungan.

Jenis macam penyebab stressor ibu hamil bisa berupa :
  • Perubahan yang terjadi pada diri sang ibu hamil akibat perubahan hormonal yang mempengaruhi perubahan secara fisik pada diri ibu itu sendiri. Misalnya adanya tanda gejala mual muntah berlebihan pada diri ibu hamil contohnya. Atau juga bisa seperti contohnya adalah perubahan bentuk tubuh dengan badan yang semakin membesar, munculnya jerawat di wajah atau kulit muka yang mengelupas
  • Rasa cemas berlebihan ketika nantinya akan menghadapi proses persalinan bayinya. Bila ibu kurang pengetahuan yang benar mengenai bagaimana sebuah proses kelahiran yang normal tentunya pada sebagian ibu-ibu hamil bisa menjadikan sebuah penyebab stres tersendiri.
  • Kehamilan yang tidak diharapkan. Hal ini juga bisa merupakan hal yang menjadi faktor resiko timbulnya rasa cemas sedih stres pada diri sang ibu bila kehamilan yang dijalaninya saat ini adalah merupakan proses kehamilan yang tidak diharapkan. Baik itu oleh sang ibu sendiri, sang suami maupun bagi keluarganya.
  • Masalah Ekonomi Keuangan. hal ini juga bisa menjadikan penyebab paling sering terhadap para ibu hamil. Mempunyai bayi baru berarti biaya hidup akan meningkat dan banyak pula orang tua yang stress karenanya seperti biaya perawatan sebelum melahirkan, biaya melahirkan, perlengkapan bayi, dan jangka panjang lainnya tentang masalah keuangan seperti menabung untuk pendidikan kuliah anak, dan hal-hal lainnya yang membuat stres yang signifikan. Hal ini dapat diperburuk jika kebetulan saat itu ayah atau kepala keluarga sedang adalam masa kehilangan pekerjaan atau ketidakbahagiaan dengan lingkungan kerja.
Menurut seorang dokter dari Universitas of Miami Medical School, stress atau depresi pada ibu hamil yang tidak ditanggulangi dan ditangani secara tepat bisa menyebabkan timbulnya gangguan pada janin yang masih di dalam kandungan dan munculnya gangguan kesehatan pada mental anak nantinya.

Berdasarkan penelitian, ditemukan kecenderungan yang menarik pada anak yang lahir dari seorangg ibu yang mengalami tekanan emosional yang berat. Anak ini cenderung memiliki kadar hormonal stress yang tinggi, aktivitas otak yang sangat peka terhadap depresi, menunjukkan sedikit ekspresi dan mengalami gejala layaknya seseorang yang mengalami tekanan psikis yang berat pula.

Tips Cara Mengatasi Stres Depresi Ibu Hamil

Tips Cara Mengatasi Stres Depresi Ibu Hamil

Ada beberapa tips dan cara mengatasi stres pada ibu hamil. Beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil adalah sebagai berikut yang merupakan bagian dalam rangka mencegah stres ibu hamil yaitu :
  1. Menjalani masa-masa kehamilannya dengan rasa bahagia dan senang sehingga ketika nantinya sang janin bayi lahir dan akan menjadi buah hati dan buah cinta antara suami istri. Dan hal ini bisa dijadikan satu cara untuk mempererat keharmonisan dalam sebuah rumah tangga yang sedang dibina berdua.
  2. Memperbanyak mencari pengetahuan dan informasi seputar bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kehamilan. Baik itu dalam hal menjaga kesehatan ibu hamil itu sendiri dan juga terlebih menjaga kesehatan janin bayi dalam kandungannya.
  3. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat selama masa kehamilan sembilan bulan. Dan banyak mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.
  4. Banyak bertanya pada ibu-ibu yang sudah mempunyai banyak pengalaman dalam proses kehamilan dan proses persalinan serta masa menyusui sang bayi nantinya.
  5. Istirahat nyaman dan cukup selain di rumah, pilih tempat berlibur yang nyaman dan tenang. Perhatikan pula posisi istirahat yang tepat dan posisi tidur yang menyehatkan bagi ibu hamil dan membuat nyaman.
  6. Mendapatkan dukungan yang penuh dari suami dan juga keluarga besar dalam menjalankan masa sembilan bulan mengandung akan sangat memberikan nilai yang sangat bermakna bagi sang istri. Dan bisa merupakan salah satu cara dalam rangka mengatasi stres emosional dalam kehamilan juga
  7. Bila ada masalah, komunikasikan dengan baik dengan sang suami, bila berhubungan dengan kesehatan kehamilan. Berkonsultasi dengan dokter kandungan terpercaya bisa menjadi solusi pilihan.
  8. Senantiasa berdoa kepada Allah agar senantiasa diberikan kesehatan dalam masa-masa kehamilan sampai tiba waktunya nanti Proses Persalinan telah tiba masanya. Dan bisa melampaui masa persalinan dengan baik pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel