Manfaat Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Sarapan pagi bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita semuanya. Kita ketahui bersama bahwa pagi hari adalah keadaan dimana manusia pada umumnya akan mengerjakan segala aktifitas sehari-harinya.

Baik itu aktifitas memulai pekerjaannya, memulai aktifitas belajar, kuliah dan lain sebagainya. Untuk itulah perlunya kita bersama mengerti dan memahami akan pentingnya sarapan pagi bagi kita manusia.

Dalam hal ini membiasakan makan sarapan di pagi hari akan sedikit banyak memberikan dan juga membantu dalam hal kontribusi yang cukup besar untuk mensuplai nutrisi gizi bagi tubuh. Apalagi bagi otak kita manusia contoh salah satunya, sesudah tidur malam selama 8 sampai 10 jam.

Dan sarapan ini akan dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis sewaktu menjalankan rutinitas istirahat tidur malam kita. Untuk itu kita juga membutuhkan akan menu sarapan sehat yang bisa menunjang akan aktifitas kita sehari-hari.

Mungkin tak banyak orang menyadari, bahwa sebenarnya sarapan adalah merupakan bagian dan juga salah satu rahasia dalam rangka untuk menjaga kesehatan. Tak peduli seberapa sibuknya kita, maka penting bagi kita semuanya untuk mengisi bahan bakar untuk tubuh sehingga energi tenaga mental kita akan terpenuhi sepanjang hari.

Sarapan memberi modal energi pada diri kita semuanya untuk beraktivitas sepanjang hari. Sebenarnya, selain memberi energi pada tubuh, sarapan juga memiliki manfaat lain yang tak kalah pentingnya.

Manfaat Pentingnya Sarapan Pagi Bagi Kesehatan

Berikut beberapa Manfaat Sarapan Untuk Kesehatan yaitu antara lain adalah sebagai berikut :

Memberikan Asupan Energi Awal

Dalam kita menyantap sarapan pagi yang bergizi tentunya hal ini adalah sebagai dasar kita untuk menyiapkan tenaga energi yang akan kita gunakan dalam aktifitas sehari-hari.

Tubuh dalam hal ini akan memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.

Mencegah Timbulnya Penyakit Lambung (Maag)

Bila kita telah mempunyai riwayat penyakit maag, maka jangan sampai kita melupakan hal yang satu ini yaitu makan pagi. Karena dengan keadaan perut yang kosong maka hal ini akan merangsang peningkatan asam lambuh yang berakibat timbulnya dan kambuhnya penyakit maag yang kita derita.

Bila tidak sempat sarapan pagi karena berbagai hal, hal ini bisa kita modifikasi dengan memakan roti yang mudah kita bawa ketika berangkat kerja.

Menurunkan Resiko Diabetes

Sarapan pagi yang sehat lebih baik untuk menurunkan risiko diabetes daripada tidak sarapan sama sekali, peneliti menemukan hasil terbaik dihasilkan dari sarapan sehari-hari yang rendah gula dan tinggi nutrisi seperti serat dan protein.

Sarapan mengembalikan kadar gula darah pada batas normal setelah hampir 8 jam tubuh dalam kondisi puasa, dengan catatan makan malam jam 10 malam.

Ini menguntungkan bagi orang-orang dengan kecenderungan diabetes atau yang sudah menderita diabetes.

Membantu Menyegarkan Otak

Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Stres

Penelitian telah banyak membuktikan bahwa karyawan atau seseorang yang bekerja yang tidak sempat untuk menjalankan aktifitas sarapan pagi akan lebih cenderung rentan untuk mengalami stres.

Sebaliknya, mereka yang menyempatkan diri untuk sarapan cenderung akan lebih siap dalam menjalankan pekerjaan serta lebih menikmati pekerjaannya tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel