Kapan Pengumuman Hasil Tes TKB CPNS Kemendikbud 2013

Pengumuman kelulusan tes kemampuan bidang CPNS Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia resmi diumumkan oleh panitia pelaksana rekrutmen calon pegawai negeri sipil di lingkungan Kemendikbud setelah proses penilaian hasil TKB selesai dikerjakan. Karena memang setelah seluruh peserta dinyatakan Lulus Administrasi CPNS Kemendikbud di laman website cpns.kemdikbud.go.id dan melanjutkan pada tahap tes TKD berikutnya.

Kita ketahui bahwa pelaksanaan tes TKD kemendikbud telah berjalan dengan lancar dan dilaksanakan pada minggu 3 November 2013 yang lalu. Pada ujian yang dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia ini, diikuti sekitar 95 persen dari jumlah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Di antara para peserta ujian terdapat peserta tuna netra.

Pengumuman Hasil Tes TKB CPNS Kemendikbud 2013

Tes Kemampuan Bidang Kemendikbud

Setelah melampaui tahapan lulus TKD dan Pengumuman Kelulusan TKD CPNS Kemendikbud resmi diumumkan oleh panitia pada website cpns.kemendikbud.go.id pada tanggal 16 Desember kemarin, sekarang seluruh peserta ujian sedang menantikan dan juga menunggu-nuggu kapan pengumuman nama-nama lulus TKB cpns kemendikbud yang dilaksanakan pada tanggal 22 Desember yang lalu juga. Karena sampai akhir desember belum juga turun informasi berhubungan dengan hal ini.

Pada ujian TKB yang telah dilaksanakan, memang pada instansi di bawah naungan Kemdikbud ini materi soal ujiannya juga berbeda-beda. Ada peserta ujian yang menjalankan tes kemampuan bidang dengan melalui tes wawancara, ada juga yang menggunakan cara ujian psikotes, tertulis dan juga tes praktek dan hal ini berbeda-beda. Tergantung kepada Instansi yang merekrut calon pegawai negeri sipil ini.

Lalu kita juga review sedikit mengenai pelaksanaan TKB di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang juga telah diumumkan dan diinformasikan dan telah diunduh pada website resminya cpns.kemdikbud.go.id tersebut dicantumkan informasi seperti berikut ini :

Waktu Pelaksanaan TKB
  • Bagi Unit Utama Pusat dan UPT nya, TKB dilaksanakan serentak pada tanggal 22 Desember 2013 mulai pukul 13.00 wib.
  • Bagi Perguruan Tinggi Negeri, TKB agar dilaksanakan selambat-lambatnya antara tanggal 21 s.d. 24 Desember 2013.
Penyampaian hasil TKB
  • Bagi Unit Utama Pusat dan UPT nya, Lembar Jawaban Komputer (LJK) hasil TKB diserahkan kepada Biro Kepegawaian paling lambat tanggal 24 Desember 2013 pukul 13.00 wib untuk dilakukan pengolahan.
  • Bagi Perguruan Tinggi Negeri, hasil TKB diserahkan kepada Biro Kepegawaian paling lambat tanggal 30 Desember 2013 pukul 16.00 wib. Hasil TKB tersebut harus sudah merupakan hasil pengolahan dalam besaran kuantitatif (angka) dengan skala 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus) dan dituangkan dalam program excel sesuai format terlampir.
Hasil TKB tersebut diserahkan dalam bentuk :
  • Softcopy excel, dikirimkan ke alamat email ropeakemdikbud.go.id.
  • File PDF yang sudah ditandatangani dan stempel dinas dikirimkan ke alamat email ropeg@kemdikbud.go.id.
  • Asli hasil TKB yang sudah ditanda tangan dan distempel dinas, disampaikan langsung atau melalui pos kilat tercatat.
Biro Kepegawaian akan menyampaikan hasil TKB kepada Panselnas untuk diintegrasikan dengan nilai TKD.

Penentuan dan Penetapan Kelulusan CPNS Kemendikbud
Sebagai informasi, sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2013 tentang Kebijakan Tambahan Alokasi Formasi dan Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2013, penentuan kelulusan diatur sebagai berikut :
  1. Kelulusan ditentukan berdasarkan peringkat nilai tertinggi dari nilai gabungan antar nilai TKD dengan bobot 60 % dan nilai TKB dengan bobot 40 % sesuai dengan jumlah alokasi formasi.
  2. Apabila dalam batas jumlah alokasi formasi pada suatu jabatan terdapat peserta seleksi yang memiliki jumlah nilai yang sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi pada nilai TKD;
  3. Apabila nilai TKD peserta seleksi memiliki nilai yang sama, maka penentuan kelulusan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi pada nilai tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum, dan tes wawasan kebangsaan secara berurutan.
  4. Kelulusan peserta ditetapkan sesuai dengan formasi jabatan, kualifikasi pendidikan dan tidak( melebihi jumlah formasi pada setiap jabatan sebagaimana telah ditetapkan/disetujui oleh Menteri PAN-RB.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel