Ciri Dan Tanda Wanita Hamil

Bagaimana dan apa ciri-ciri wanita sedang hamil muda memang perlu untuk diketahui dan juga dipahami dengan benar. Karena memang salah satu manfaat dan tujuan mengenal tanda-tanda ciri wanita sedang hamil sejak dini adalah dalam rangka mempersiapkan kehamilan dengan sehat. Dan juga untuk bisa menjaga kehamilan yang sehat baik itu bagi sang ibu sendiri terutama juga untuk menjaga kesehatan janin yang ada di dalam rahim seorang perempuan.

Proses kehamilan dan mengandung tentunya adalah merupakan salah satu tujuan dari sebuah pernikahan, yaitu meneruskan keturunan di dunia ini. Untuk itu maka Menjaga Kesehatan Kehamilan Dan Janin adalah merupakan suatu bagian dari kewajiban para orang tua agar nantinya periode kehamilan trimester pertama, kedua dan trimester ketiga berjalan dengan sehat dan proses kelahiran berjalan dengan lancar pula. Ibu sehat dan janin juga lahir dalam keadaan yang sehat pula.

Ciri Tanda Wanita Hamil

Tanda kehamilan dan ciri perempuan hamil tentunya akan berbeda antara satu wanita atau perempuan yang hamil dengan perempuan lainnya yang juga sedang hamil. Hanya saja secara umum tanda-tanda kehamilan sedang berlangsung dan terjadi pada diri seoang perempuan akan bisa terlihat baik itu secara fisik maupun juga secara psikologinya.

Berikut adalah tanda-tanda kehamilan umum yang tengah dialami oleh ibu hamil yaitu :

Perubahan Payudara Ibu Hamil
Ibu atau wanita yang sedang di dalam tahapan kehamilan akan terjadi beberapa perubahan di dalam organ payudaranya yang bersangkutan. Perubahan ibu hamil dalam hal ini antara lain adalah sebagai berikut perubahan warna pada areola mamae dengan warna yang lebih gelap dari sebelumnya.

Hal ini oleh karena adanya proses perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Pada beberapa wanita akan dirasakan rasa sakit dan nyeri yang semuanya ini adalah oleh karena perubahan hormonal dan peningkatan produksi hormon estrogen dan progeteron.

Mual Muntah Pagi Hari (Morning Sickness)
Sebagian besar perubahan pada ibu hamil secara fisik adalah disebabkan oleh karena hormonal. Demikian pula dengan tanda gejala mual muntah pada ibu hamil ini. Peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) ini akan bisa menyebabkan efek pedih pada lapisan dinding perut sehingga akan menimbulkan rasa mual.

Pada umumnya dan juga biasanya rasa mual ini akan pergi seiring ibu hamil memasuki trimester kedua kehamilan. Selain mual, wanita perempuan hamil juga seringkali akan merasa lebih sensitif pada bau-bauan tertentu.

Seringkali Kencing Buang Air Kencing.
Dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam rahim dan hal ini akan menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil pun akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering pada wanita hamil.

Mudah Lelah Dan Cepat Merasakan Rasa Lelah (Fatique).
Dengan berjalannya usia kehamilan maka kondisi kehamilan akan memberikan pengaruh besar terhadap fisik sang wanita yang sedang hamil. Pada masa trimester pertama kehamilan, rasa cepat lelah sering sekali dirasakan.

Penyebab lainnya adalah karena semua organ dalam tubuh sang ibu hamil akan bekerja lebih banyak dalam rangka untuk mencukupi kebutuhan gizi nutrisi baik bagi sang ibu atau pun bagi sang janin. Selain karena memang banyaknya perubahan hormon yang terjadi pada awal-awal kehamilan.

Terlambat Menstruasi Haid
Secara umum pada masyarakat kita bila seorang wanita mengalami keterlambatan menstruasi lebih dari pada biasanya yang terjadi, maka penilaian yang kerapkali muncul adalah bahwa wanita tersebut sedang mengandung bayi dalam rahimnya. Dan ini memang cara termudah untuk mengetahui seseorang sedang hamil atau tidak.

Akan tetapi yang perlu digarisbawahi adalah tidak semua wanita terlambat haid pasti hamil. Karena banyak faktor juga yang bisa menyebabkan keterlambatan dalam siklus menstruasi selain hamil yaitu diantaranya adalah bisa dikarenakan Stres dan Stressor, diet atau gangguan hormonal lainnya.

Alat Tes Kehamilan Tes Pack

Alat Tes Kehamilan Tes Pack
Masyarakat pada umumnya paling mudah dalam menentukan seorang wanita sedang hamil atau tidak adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan. Waktu yang paling baik dan paling tepat untuk tes kehamilan dengan menggunakan alat tes kehamilan adalah 1 minggu setelah terlambat mendapatkan menstruasi seperti bulan-bulan sebelumnya atau kebiasaan dalam siklus menstruasi wanita yang bersangkutan.

Akan tetapi untuk lebih memastikan tentunya adalah dengan mendatangi ke tenaga kesehatan dan melakukan pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan alat USG. Karena dengan alat medis tersebut akan bisa terlihat adanya janin dan juga umur kehamilan akan bisa diukur. Tentunya bila memang benar-benar positif hamil.

Cara kerja hasil tes pack positif bila alat tes kehamilan tersebut adalah dengan menggunakan media urin wanita yang mungkin sedang hamil. Bila muncul tanda dua garis pada alat tes kehamilan berarti itu menandakan seseorang wanita positif hamil. Bila hanya muncul satu garis maka wanita tersebut tidak dalam keadaan hamil.

Demikian beberapa tanda kehamilan sedang berlangsung pada diri seorang wanita ataupun perempuan. Tentunya hal ini harus dipastikan pula oleh tenaga kesehatan yang berkompeten dalam hal kesehatan kehamilan pula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel