Manfaat Menyusui ASI Bagi Ibu dan Bayi

Manfaat Air Susu Ibu bagi kesehatan bayi adalah banyak, karena kita ketahui bersama makanan terbaik untuk bayi adalah ASI. Karena kandungan gizi nutrisi di dalam ASI adalah sangat lengkap untuk kesehatan serta pertumbuhan dan perkembangan sang bayi dalam proses tumbuh kembangnya di setiap masanya.

Untuk itulah pentingnya mengetahui serta juga memahami akan pentingnya menyusui bagi ibu dan bayi untuk diketahui dengan baik oleh para ibu yang sedang dalam masa tahapan menyusui asi kepada bayinya.

Air Susu Ibu adalah merupakan produk susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

Produksi air susu ibu dipengaruhi oleh hormon prolaktin dan oksitosin setelah proses kelahiran bayi selesai.

Air susu ibu pertama yang keluar disebut kolostrum atau jolong dan mengandung banyak immunoglobulin IgA yang baik untuk pertahanan tubuh bayi melawan penyakit. Untuk itulah pada kali kesempatan ini Hamizan Update akan sedikit share mengenai manfaat hikmah tujuan menyusui ASI ini.

Kandungan Gizi Nutrisi ASI


Begitu banyak kandungan vitamin gizi penting yang terdapat di dalam kolostrum ASI baik itu bagi kesehatan ibu menyusui terlebih bagi kesehatan sang bayi. Maka pentingnya menyusui asi eksklusif jangan sampai dilupakan bahkan disepelekan oleh para kaum ibu yang dalam masa menyusui ini.

Manfaat Menyusui ASI Bagi Ibu dan Bayi

ASI mengandung komponen makro dan mikro nutrien. Yang termasuk makronutrien adalah karbohidrat, protein dan lemak sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

Air susu ibu hampir 90%nya terdiri dari air. Volume dan komposisi nutrien ASI berbeda untuk setiap ibu bergantung dari kebutuhan bayi. Perbedaan volume dan komposisi zat gizi asi di atas juga terlihat pada masa menyusui (kolostrum, ASI transisi, ASI matang dan ASI pada saat penyapihan).

Kandungan zat gizi ASI awal dan akhir pada setiap ibu yang menyusui juga berbeda. Kolostrum yang diproduksi antara hari 1-5 menyusui kaya akan zat gizi terutama protein. Jadi secara umum kandungan komposisi gizi air susu ibu adalah terdiri dari karbohidrat, Protein, lemak, vitamin dan mineral.

Tujuan Manfaat Menyusui Bagi Kesehatan Ibu Menyusui


Ada beberapa keuntungan manfaat menyusui memberikan air susu ibu dan juga manfaat ASI eksklusif ini bila diberikan kepada bayi dan keuntungan sang ibu yang menyusui serta memberikan asi nya kepada sang bayi yaitu antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Mencegah Mengurangi Resiko Perdarahan Setelah Melahirkan Persalinan. Ini adalah manfaat pertama yang bisa didapatkan dari seorang ibu menyusui yang menggunakan metoda Inisiasi Menyusui Dini IMD. IMD adalah memberikan asi eskklusif yang kaya akan kandungan kolostrum ketika bay baru saja dilahirkan di dunia ini. Hal ini dikarenakan dengan IMD akan mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Ini dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ibu melahirkan ke posisi semula. Itu adalah salah satu manfaat ibu memberikan ASI bagi kesehatan dan juga pencegahan perdarahan post partum.
  2. Mengurangi Depresi Pasca Melahirkan. Bagi para ibu hamil, proses melahirkan dan persalinan bisa tidak dipersiapkan dengan baik dan juga Persiapan Persalinan termasuk persiapan mental psikologi yang baik bisa menimbulkan depresi setelah melahirkan yang diderita sang ibu. Sebuah penelitian tahun 2003 dari Australia menunjukkan adanya peningkatan depresi setelah melahirkan pada ibu yang tidak menyusui bayinya dan ibu yang menyapih bayinya sejak dini.
  3. Meningkatkan Hubungan Batin Antara Ibu dan Bayi. Ungkapan kasih sayang orang tua khususnya dalam hal ini adalah kasih sayang seorang ibu kepada anaknya adalah dengan memberikan ASI nya kepada bayi dan anak-anaknya. Sebuah bukti kasih sayang yang tak terelakkan dari seorang ibu kepada bayinya. Pemberian ASI seorang ibu kapada bayinya merupakan wujud kasih sayang yang nyata antara ibu dan anak bayi. Hubungan batin antara ibu dan bayi akan terjalin erat karena pada saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibunya. Dengan begitu maka sang bayi bisa mendengarkan dengan jelas detak jantung ibu, serta juga bisa merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu yang penuh kasih sayang.
  4. Mengurangi Resiko Kanker Payudara Dan Kanker Leher Rahim. Dengan adanya manfaat pemberian ASI maka manfaat ibu memberikan ASI salah satunya adalah mengurangi resiko terkena dua jenis kanker tersebut di atas. Menyusui dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan dan penelitian juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

Manfaat ASI Untuk Kesehatan Bayi


Selain memberikan manfaat sendiri bagi sang ibu menyusui, maka pentingnya menyusui dan pemberian air susu ibu ini untuk kesehatan pertumbuhan dan perkaembangan bayi adalah tidak bisa dibilang sedikit.
Berikut beberapa faedah keuntungan manfaat ASI kolostrum eksklusif bagi bayi antara lain adalah sebagai berikut :
  1. Meningkatkan Kesehatan Daya Tahan Tubuh Kekebalan Bayi. ASI mengandung kolustrum, nutrisi, antibodi dan enzim yang sangat lengkap. ASI memperkuat sistem kekebalan tubuh. Komponen utama pembangun sistem kekebalan tubuh pada ASI adalah prebiotik. Komposisi ASI sangatlah ideal untuk bayi sehingga sangat jarang ditemukan kasus seorang bayi yang alergi terhadap ASI. Beda halnya dengan kasus-kasus seperti halnya alergi susu sapi atau susu formula pada bayi dan anak. Untuk itu asi juga bermanfaat untuk menurunkan resiko alergi pada bayi.
  2. Mengurangi Resiko Terkena Penyakit. Pemberian ASI dapat mengurangi risiko sang bayi untuk terpapar penyakit baik saat masih bayi ataupun saat dewasa nanti. Dunia medis kesehatan telah menyepakati bahwa pemberian ASI akan dapat mengurangi resiko terkena alergi, sembelit pada bayi anak, infeksi lambung usus dan juga penyakit kuning. ASI menurunkan resiko terjadinya penyakit pada saluran cerna, seperti diare dan meningkatkan kekebalan pada sistem pencernaan.
  3. Meningkatkan Kecerdasan anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi ASI pada waktu bayi memiliki tingkat IQ yang jauh lebih tinggi dibandingkan mereka yang mengkonsumsi susu formula. ASI kaya akan AA DHA yang mendukung pertumbuhan kecerdasan anak.
  4. Memenuhi Kebutuhan Emosional Ibu dan Bayi. Menyusui secara langsung akan menjalin ikatan batin yang kuat diantara keduanya. Proses menyusui pada dasarnya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi sang bayi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan emosionalnya. Karena itu kita juga mengetahui ketika Bayi Menangis salah satu cara yang umumnya diberikan dan dilakukan oleh para ibu adalah dengan menyusui bayinya tersebut.
Sebagai makanan pertama si buah hati, ternyata ASI bukan hanya nutrisi sempurna untuk buah hati dan mendekatkan hubungan emosi antara ibu dan sang bayi, namun sekaligus memberi perlindungan karena ASI bermanfaat memperkuat imunitas alami bayi yang baru lahir.

Untuk itulah begitu pentingnya akan manfaat asi bagi ibu dan bayi dan sudah seharusnya para ibu menjalankan salah satu kewajibannya yaitu dengan memberikan ASI kepada buah hatinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel