Konsep Pengertian Sehat Sakit

Keadaan sehat sakit adalah dalam kehidupan kita sehar-hari tidak akan terlepas dari kedua hal tersebut. Karena memang manusia juga tidak akan selamanya sehat, terkadang sakit atau kondisi tubuh sedang kurang fit sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit.

Karena itulah kita juga perlu untuk mengetahui dan juga mengetahui akan konsep sehat sakit yang benar sehingga dari hal ini kita akan menyadari akan pentingnya manfaat kesehatan bagi kehidupan kita ini.

Hidup sehat dan menjaga kesehatan akan sangat berarti dan juga berdampak banyak dalam menunjang segala aktifitas kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Baik itu dalam lingkup pekerjaan kita maupun pada kehidupan bersosial kita dengan masyarakat lingkungan sekitar rumah kediaman kita masing-masing. Untuk itu Hamizan Update akan berbagi sedikit banyak mengenai hal tersebut.

Konsep Sehat


Kesehatan adalah merupakan suatu pandangan akan kondisi yang fleksibel antara kesehatan badan jasmani dengan kesehatan mental rohani yang dibedakan dalam sebuah rentang yang selalu berfluktuasi atau berayun mendekati dan menjauhi puncak kebahagiaan hidup dari keadaan sehat yang sempurna.

Sehat tidak dapat diartikan sesuatu yang statis, menetap pada kondisi tertentu, tetapi sehat harus dipandang sesuatu fenomena yang dinamis.

Konsep Pengertian Sehat Sakit

Pengertian konsep sehat menurut WHO adalah merupakan suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehingga makna kesehatan secara umum adalah merupakan keadaan sehat baik dalam hal fisik mental serta sosial.

Maka bila saja ada kekurangan dalam satu hal saja, misal ada gangguan mental, maka seseorang tidak dapat dikatakan sebagai manusia individu yang sehat. Untuk itulah penting juga akan arti sehat mental psikologis bagi kita semuanya.

Dewasa ini seseorang dikatakan sehat banyak diartikan dalam kadar dan taraf tingkatan yang normal atau lazim yang terjadi pada individu yang artinya bahwa individu seseorang tidak merasakan keluhan atau pun gejala penyakit atau kurang sehat.

Adapun sebaliknya keadaan sakit pada umumnya diartikan suatu keadaan yang tidak normal atau lazim pada diri seseorang. Contohnya saja bila seseorang mempunyai keluhan pusing yang tidak tertahankan, panas, dan lain sebagainya.

Pengertian Sehat Sakit


Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan arti makna dan definisi sehat sakit dari beberapa ahli kesehatan.
Pengertian sehat antara lain dikemukakan oleh :
  • Menurut Undang-Undang Kesehatan N0. 23/1992 yang dimaksud dengan kesehatan adalah suatu keadaan sejahtera dari badan (jasmani), jiwa (rohani) dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
  • Menurut pengertian sehat dari Pender, 1982 yang dimaksud dengan pengertian kesehatan adalah
  • Sehat adalah perwujudan individu yang diperoleh melalui kepuasan dalam berhubungan dengan orang lain (aktualisasi). Perilaku yang sesuai dengan tujuan, perawatan diri yang kompeten sedangkan penyesuaian diperlukan untuk mempertahankan stabilitas dan integritas struktural.
  • Sedangkan menurut Paune tahun 1983 pengertian makna sehat adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri (self care Resouces) yang menjamin tindakan untuk perawatan diri ( self care actions) secara adekuat. Self care Resouces : mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap. Self care Actions merupakan perilaku yang sesuai dengan tujuan diperlukan untuk memperoleh, mempertahankan dan meningkatkan fungsi psikososial dan spiritual.
Itulah beberapa makna arti dari sehat dan kesehatan berdasarkan UU dan juga ahli-ahli kesehatan. Untuk berikutnya adalah pengertian sakit yang merupakan bagian dari konsep rentang sehat sakit ini yaitu :
  • Pengertian konsep sakit menurut Perkins bahwa sakit adalah sebagai suatu keadaan yang tidak menyenangkan yang menimpa seseorang sehingga seseorang menimbulkan gangguan aktivitas sehari-hari baik itu dalam aktivitas jasmani, rohani dan sosial.
  • Definisi sakit adalah merupakan suatu keadaan dari badan atau sebagian dari organ badan dimana fungsinya terganggu atau menyimpang.
  • Sakit adalah merupakan ketidak seimbangan dari kondisi normal tubuh manusia diantaranya sistem biologik dan kondisi penyesuaian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel