Menjaga Kulit Agar Cantik dan Segar

Menjaga Kulit Agar Cantik dan Segar


Menjaga Kulit Agar Cantik dan Segar. Dalam ilmu kedokteran, kulit wajah merupakan jaringan kulit yang paling sensitif dibandingkan dengan jaringan kulit lainnya pada tubuh manusia.

Lapisan kulit pada wajah terdiri atas 3 lapisan, yaitu epidermis, dermis dan hypodermis. Epidermis adalah lapisan terluar dan memiliki 5-6 lapisan lagi, dan masalah kulit yang paling mengganggu berada pada stratum brasale paling bawah dari lapisan epidermis. Pada lapisan ini noda bekas jerawat dan lainnya akan terlihat jelas.
Baca juga: Inilah manfaat Anda memiliki kulit sehat

Untuk menghindari supaya tidak ada noda diwajah, untuk itu jangan pencet jerawat sebelum matang, atau tidak mengusap (memegang) wajah bila tangan kotor. Apalagi bagi anda yang memiliki jenis kulit berminyak, jangan membiasakan pencet jerawat, karena membuat erosi kulit bertambah lebar dan pori-pori akan semakin lebar.
Baca juga : Aneka tips perawatan kulit wajah dan


Menjaga Kulit Agar Cantik dan Segar

Ketika masih bayi, kulit terasa halus dan lembut, namun karena bertambahnya usia, perubahan kulit terjadi karena perubahan faktor, seperti :

1. Hormon

Pada saat remaja, mulai muncul masalah kulit wajah seperti timbulnya jerawat, karena kulit berminyak yang diakibatkan banyaknya kelenjar minyak yang diproduksi oleh hormon endrogen. Tetapi kelenjar minyak tersebut bisa membuat wajah awet muda. Untuk itu, agar hormon bisa diproduksi secara seimbang, kita harus menjaga dan mengatur pola makan yang akan kita konsumsi. Dan sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan berminyak.
Baca juga :Cara Merawat Kulit Secara Alami

2. Faktor Lingkungan

Sinar matahari, polusi udara atau pemakaian AC juga dapat membawa dampak untuk kulit, karena sinar matahari bisa membuat flek atau bintik-bintik hitam diwajah, sedangkan AC dapar membuat kulit kering.
Baca juga : Healthy skin glowing skin

Untuk itu, kita harus merawat kulit dengan memberikan vitamin atau pelindung khusus agar wajah senantiasa sehat dan segar juga terbebas dari masalah kulit. Dan lakukanlah perawatan kulit seperti membersihkan wajah, massage, facial dan gunakan masker untuk memperlancar peradaran darah, juga membuat kulit nampak kencang.
Baca juga : Merawat Kulit Anda

Minimal sebulan sekali lakukan facial, karena kulit mengalami regenerasi setiap 2-3 minggu sekali atau setelah 4-2 hari. Dan bagi yang memiliki jenis kulit berminyak, sebaiknya lakukan facial 2 minggu sekali, karena fungsinya untuk membersihkan wajah secara sempurna dan mengangkat sel kulit mati yang tidak bisa lepas begitu saja.
Baca juga : Menjaga kesehatan kulit kulit yang

3. Beli Kosmetik Yang Telah Teruji

Produk kecantikan yang ditawarkan dipasaran ada berbagai macam merk, yang membuat kita pusing untuk memilihnya, mana yang cocok untuk kulit kita. Tetapi sebaiknya, beli produk kosmetik yang dibuat khusus untuk daerah tropis, karena jenis kosmetik ini biasanya telah melakukan riset sebelumnya, sehingga prosentase kegagalan sedikit.
Baca juga : Tips perawatan kulit jerawat merupakan

Selain itu, kita lebih baik mencari produk yang telah melakukan uji clearis kedokteran karena keamanannya terjamin. Dan apabila kita ingin mencoba kosmetik yang belum pernah kita gunakan, cobalah pada cuping telinga atau bagian lengan dalam, karena daerah ini juga memiliki sensitivitas yang sama dengan wajah, dan bila ingin tahu reaksi kosmetik tersebut bisa dilihat setelah 48 jam.

Tetapi sebelum memilih perawatan wajah yang tepat, Anda perlu mengetahui jenis kulit Anda. Dengan demikian, Anda dapat menghindari penggunaan produk kecantikan yang justru dapat merusak kulit.
Baca juga : Cantik alamiah dengan bahan dari alam

Misalnya, kurang tuntas membersihkan kulit tipe kombinasi kering-berminyak jusru dapat menyebabkan wajah terlihat lebih berminyak. Atau penggunaan astringent pada kulit normal malah menyebabkan wajah menjadi kering.

Untuk mengetahui jenis kulit wajah Anda, basahi wajah dan diamkan selama satu jam tanpa mengoleskan produk kecantikan apa pun. Setelah itu, dengan menggunakan tisu, tekan bagian hidung, pipi, dagu dan kening.
Baca juga : 9 Kesalahan dalam Perawatan Kecantikan

Berikut ini ada beberapa cara supaya mendapatkan kulit yang sehat dan cantik :
  1. Mengkonsumsi sayuran hijau, seperti bayam atau brokoli, yang mengandung vitamin A yang diperlukan untuk regenerasi sel kulit. Tanpa vitamin A yang cukup kulit kita akan menjadi kering, bersisik, dan kasar. Serta rajin mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, karena vitamin C memiliki peranan yang besar untuk menjaga kolagen sehingga kulit tak mudah keriput.
  2. Pakailah pelembab atau lotion yang memiliki kandungan SPF atau UV protection untuk mencegah kulit tidak kering dan mencegah penuaan dini, karena Indonesia termasuk wilayah yang beriklim tropis.
  3. Gunakan sun block untuk menghindari resiko terkena kanker kulit dan menahan sengatan sinar matahari.
  4. Bila anda seorang perokok, maka berusahalah untuk segera berhenti, karena membuat kulit kekurangan oksigen sehingga terlihat kusam, lelah dan memicu adanya kerutan pada wajah.
Baca juga : 


Be Beauty with Make up
Tips kecantikan dan kesehatan_18



Manfaat Buah Tomat Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel